Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Kupon Diskon untuk Promosi? Simak Cara Ini agar Hasil Lebih Maksimal

Kompas.com - 26/05/2024, 20:30 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelaku usaha kerap menggunakan kupon untuk mendongkrak penjualan. Hal ini karena konsumen akan tertarik membeli produk dengan lantaran tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Sebenarnya, ada beberapa cara supaya kamu bisa memanfaatkan kupon untuk promosi dengan maksimal. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi yang bisa membantu menyebarkan kupon secara personal. 

Agar penerapan kuponmu bisa maksimal, kamu dapat menggunakan cara tersebut. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak artikel yang telah dilansir dari business.com berikut ini. 

Baca juga: 3 Cara Memaksimalkan Diskon Liburan untuk Produk Usaha

Lihat Riwayat Pembelian Konsumen

Teknologi seperti marketplace dan akun media sosial bisa membantu kamu mengirimkan kupon pada orang yang tepat. Artinya, kupon tersebut akan sampai pada seseorang yang memang menyukai produkmu.

Selain itu, kamu juga bisa melihat preferensi produk dari para pelangganmu. Kemudian. kamu nantinya bisa mengirim kupon produk yang sesuai dengan preferensi mereka. Cara ini bisa meningkatkan peluang pelanggan untuk menggunakan kupon tersebut.

Memanfaatkan Teknologi yang Sering Digunakan Konsumen

Supaya kupon produkmu bisa diketahui oleh konsumen, tentu kamu membutuhkan pendekatan yang bisa langsung menyasar konsumen tersebut. Jika konsumen produkmu sering menggunakan gadget dalam kesehariannya, coba kirimkan kupon tersebut melalui e-mail mereka.

Baca juga: 4 Cara Memaksimalkan Strategi Diskon yang Perlu Kamu Tahu

Nantinya, konsumen akan bisa berbelanja cukup dengan menunjukkan kupon yang tertera dalam e-mail. la tidak perlu membawa kertas kupon ketika hendak membeli produk dan tidak merasa repot.

Namun, berbeda jika ternyata kamu salah sasaran. Contohnya kamu memberikan kupon belanja digital kepada orang-orang tua yang tidak akrab dengan teknologi. Tentu hal ini membuat mereka kesulitan dan tidak jadi membeli produk usahamu.

Jadi, pastikan kamu paham perilaku konsumen dalam keseharian mereka agar tidak salah sasaran dan tetap bisa mendatangkan keuntungan.

Baca juga: Jangan Sampai Rugi! Ini Tips Penting untuk Menghitung Diskon

Gunakan Kode Promo

Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu menggunakan kode promo. Nantinya, konsumen bisa memasukkan kode promo tersebut pada website bisnismu lalu mendapatkan kupon belanja atau kupon diskon.

Kamu bisa berkreasi dalam pembuatan kode promo tersebut. Misalnya kupon belanja dengan batas maksimal jumlah belanja, kupon diskon untuk produk-produk tertentu, dan sebagainya. Lalu, kamu bisa membuat kode promo dengan mengambil beberapa huruf dari nama bisnismu. 

Selain itu, kode promo juga bisa digunakan berulang kali hingga batas maksimal. Contohnya, bisnismu mengeluarkan kode promo yang bisa dipakai hingga lima kali. Ketentuan batas maksimal penggunaan kode promo dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis masing-masing.

Baca juga: 7 Cara Tetap Untung dengan Strategi Promo Gratis Ongkir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com