Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memaksimalkan Strategi Diskon yang Perlu Kamu Tahu

Kompas.com - 15/03/2024, 10:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

Sumber Omnisend

KOMPAS.com - Dalam teknik marketing, strategi diskon adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menggaet konsumen. Pemberian diskon biasanya didasarkan pada hari-hari besar tertentu atau diberikan pada pembeli yang telah berlangganan. 

Strategi diskon juga akan memunculkan dampak lain, yaitu menarik konsumen baru yang belum pernah membeli produk dari usaha kamu. Kemudian, strategi diskon juga bagian dari upaya berkompetisi dengan brand lain. 

Namun, strategi diskon tidak bisa diterapkan sembarangan. Ada beberapa cara yang bisa digunakan agar strategi diskonmu semakin maksimal. Cara-cara tersebut bisa kamu simak dalam artikel berikut yang telah dirangkum Kompas.com dari Omnisend.com 

Baca juga: Strategi Promosi di Bulan Ramadan, Salah Satunya dengan Paket Bundling

1. Gunakan Email 

Setiap orang yang lekat dengan media sosial pasti tidak lepas dari email. Hal ini dikarenakan email dibutuhkan saat pembuatan akun media sosial. Kamu dapat menggunakan cara ini untuk mempromosikan diskon kamu. 

Misalnya saja kamu dapat mengirim email terkait diskon bagi pembeli pertama, diskon untuk pembeli yang terdaftar sebagai member, dan promo di hari libur. Gunakan metode personalisasi seperti menyebut nama calon pembeli pada email promo tersebut.

2. Memaksimalkan Notifikasi Ponsel 

Selanjutnya, kamu bisa memaksimalkan bubble notifikasi yang ada dalam ponsel masing-masing calon pembeli. Munculkan jumlah diskon yang kamu tawarkan dalam notifikasi tersebut. Gunakan juga strategi personalisasi dengan memahami kepribadian dan kebutuhan mereka.

Baca juga: Strategi Promosi Produk Lewat YouTube yang Anda Harus Tahu

Melalui notifikasi ponsel, calon pembeli dapat langsung melihat diskon yang kamu tawarkan tanpa harus mengunjungi website atau media sosial bisnismu. Namun, ketika mereka tertarik dengan notifikasi tersebut, mereka akan langsung mencari tahu melalui akun penjualan milikmu.

3. Iklan Website

Jika kamu memiliki website, kamu dapat menambahkan informasi diskon dengan iklan. Biasanya iklan tersebut terletak pada tepi website atau berupa pop-up yang muncul. 

Agar lebih dekat dengan calon pembeli, kamu bisa juga menggunakan model iklan yang interaktif. Kamu bisa mengajak calon pembeli dengan beberapa pertanyaan. Misalnya dengan menanyakan kabar atau tipe produk seperti apa yang disukai.

Baca juga: Jangan Sampai Rugi! Ini Tips Penting untuk Menghitung Diskon

4. Kupon Fisik

Jika kamu berkesempatan untuk melakukan pameran atau bazaar, kamu dapat membuat kupon fisik untuk dibagikan kepada pengunjung yang datang. Cara ini dinilai efektif untuk mendapat perhatian calon pembeli karena mereka akan dapat melihat produk secara langsung. 

Kemudian saat membagikan kupon fisik, jangan lupa untuk membangun interaksi yang baik dengan calon pembeli. Gunakan kesempatan untuk mendapatkan kesan yang baik sehingga calon pembeli tertarik dengan produk kamu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com