Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Ekosistem Keuangan Digital, Astra Financial Raup Laba Bersih Rp 2,1 Triliun di Kuartal I 2024

Kompas.com - 23/06/2024, 22:53 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Divisi layanan keuangan PT Astra International Tbk, Astra Financial mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 12 persen pada kuartal I-2024.

Pencapaian ini melampaui angka sebelumnya, dari Rp 1,8 Triliun di 2023 menjadi Rp 2,1 Triliun di 2024.

Astra Financial merupakan salah satu satu dari tujuh pilar bisnis Astra yang bergerak di jasa keuangan yang menaungi 14 unit bisnis di delapan sektor, yaitu pembiayaan, asuransi, perbankan, dana pensiun, teknologi finansial, uang elektronik, digital ventura, dan modal ventura.

Baca juga: Dihadiri Presiden Jokowi, Pembangunan Astra BizCenter-IKN Resmi Dimulai

Direktur Astra sekaligus Director-in-Charge Astra Financial 1, Suparno Djasmin memaparkan, berdasarkan data kuartal 1 2024, Astra Financial mengelola aset sebesar Rp 192,6 triliun dengan didukung oleh lebih dari 22 ribu karyawan di 912 cabang, serta mengelola 31,2 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan dalam acara Astra Financial Media Workshop 2024 di Green Forest Horison, Bandung, Jumat (21/6/2024).

“Capaian ini tentu berkat usaha dan kerja keras rekan-rekan di Astra Financial yang terus melakukan inovasi hingga penerimaan yang baik dari seluruh pelanggan Astra Financial,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyatakan, sesuai dengan visi Astra Financial untuk menjadi penyedia jasa keuangan ritel terdepan, pihaknya terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen yang didukung oleh integrasi berbagai layanan dalam ekosistem Astra.

“Astra Financial akan terus berkomitmen untuk memperkuat ekosistem Astra Financial dengan menjangkau pelanggan lebih baik melalui layanan berbasis teknologi, sehingga memberikan kemudahan akses, kenyamanan, dan layanan yang menyenangkan,” kata Suparno.

Baca juga: Astra Jaring Anak Muda Inspiratif di Bengkulu Lewat SATU Indonesia Awards 2024

Berbagai inovasi layanan keuangan berbasis teknologi, terbukti telah dihadirkan oleh Astra Financial sejak 2018, mulai dari Maucash (2018), AstraPay (2021), Moxa (2021), SEVA (2022), serta layanan perbankan digital dari Bank Jasa Jakarta, yaitu Bank Saqu pada November 2023 lalu.

Bersamaan dengan itu, Astra Financial bersama unit bisnis juga melakukan literasi dan inklusi keuangan kepada para customer, serta para pemangku kepentingan lainnya.

Sebagai upaya untuk terus bertumbuh baik secara portofolio bisnis, Astra Financial juga tak luput memerhatikan sisi keberlanjutan, serta mendukung capaian Astra Sustainability Aspirations 2030.

Hal itu diwujudkan dengan turut aktif mendorong ekosistem sustainable finance di Indonesia, melalui pengembangan portfolio hijau dalam bisnis pembiayaan dan asuransi pada beberapa sektor, yakni transportasi ramah lingkungan, energi baru terbarukan, efisiensi energi, pencegahan dan pengendalian polusi, investasi pada obligasi hijau, serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca juga: Astra Gandeng Sarinah untuk Pengembangan dan Memperluas Pasar UMKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau