Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Gandeng Sarinah untuk Pengembangan dan Memperluas Pasar UMKM

Kompas.com - 17/05/2024, 14:07 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Astra melalui Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA), bersinergi bersama PT Sarinah untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan memberikan pelatihan serta perluasan pasar.

Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Rahmat Samulo, menjelaskan bahwa YDBA memiliki komitmen yang besar untuk membina dan mengembangkan UMKM binaan Astra.

Dapat dibuktikan, dari mulai berdiri hingga saat ini, selama 44 tahun lamanya YDBA telah membina kurang lebih tiga belas ribu UMKM di seluruh Indonesia.

Baca juga: YDBA Gelar #YukExplore untuk Dorong UMKM Naik Kelas

“Tahun 2024 pun sudah lebih dari 1.000 UMKM yang dibina. Untuk semua UMKM, Kami berikan bantuan secara menyeluruh, mulai dari pengetahuan, pembinaan, bantuan proposal atau pengurusanan perizinan, hingga kepada pengajuan modal,” jelas Rahmat dalam acara Bincang Kolaborasi Astra x Sarinah di Sarinah, Jakarta, Kamis (16/05/2024).

Untuk merealisasikan tujuannya memperluas pasar UMKM binaan Astra, YDBA memilih berkolaborasi dengan PT Sarinah.

Menurut Rahmat, Sarinah merupakan tempat yang populer dan diketahui semua orang .

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati mengatakan, pihaknya dengan senang hati menerima gandengan YDBA.

Apalagi, saat ini PT Sarinah juga ingin memperluas jaringan kolaborasinya. Tak hanya dengan BUMN, tetapi juga dengan private sektor atau bahkan pihak-pihak internasional.

“Dari dulu kami bersinergi hanya bersama BUMN kalau masalah pameran. Sekarang kami coba memperluasnya lagi. Jadi ya enggak hanya BUMN, tapi juga swasta,” jelas Fetty.

Kedua belah pihak ‘klop’ dalam satu visi, misi, dan tujuan. Mereka memiliki fokus utama yang sama, yaitu mendorong UMKM-UMKM agar dapat naik kelas dan pada akhirnya bisa mandiri.

Kolaborasi pembinaan UMKM antara YDBA dan Sarinah ini, telah berlangsung pada awal tahun lalu, tepatnya bulan Februari.

Baca juga: Sarinah Targetkan 300 UMKM Gabung Program Sarinah Pandu

 

Sebanyak 200 UMKM binaan Astra mendapatkan pelatihan-pelatihan secara hybrid dan mengikuti kurasi tahap selanjutnya.

Setelah terkurasi, 50 UMKM berhasil lolos. Untuk 50 UMKM yang lolos, mereka berkesempatan menjadi peserta pameran UMKM di Sarinah selama 4 hari berturut-turut, tepatnya di tanggal 16-19 Mei 2024.

Pameran ini digelar untuk mewujudkan salah satu tujuan kolaborasi YDBA dengan Sarinah, yakni perluasan pasar, sehingga para pelaku UMKM bisa bertemu dengan audiens yang lebih luas dan terciptanya transaksi.

“Tak hanya pelatihan atau pembinaan, kami juga fasilitasi pameran untuk UMKM yang berhasil lolos kurasi. Jadi nanti mereka enggak berpikir kalau hanya diberi pelatihan terus yang enggak ada ujungnya,” kata Dept Head Mentorship and Supporting Development YDBA, Aloysius Daniel Harbianto.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com