Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Etika Bisnis yang Harus Anda Ketahui Saat Bertemu Klien

Kompas.com - 25/06/2024, 12:13 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagai wirausahawan, Anda perlu mengetahui etika-etika tak tertulis yang ada di dunia bisnis. Salah satu yang paling penting adalah ketika Anda bertemu dengan pihak ketiga atau klien yang Anda ingin ajak kerja sama.

Pertemuan dengan klien membutuhkan lebih dari sekadar mempersiapkan presentasi atau speech yang baik, melainkan pembentukan kesan pertama. Kesan pertama yang baik dapat membuka peluang kerjasama yang menguntungkan, sementara kesalahan kecil dalam perilaku dapat merusak hubungan profesional yang potensial.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini Saat Melakukan Negosiasi dalam Bisnis

Oleh karena itu, memahami etika bisnis yang tepat sangat penting. Dilansir dari Business News Daily, berikut adalah beberapa panduan etika bisnis yang harus Anda ketahui saat bertemu dengan klien;

1. Pilih Lokasi Pertemuan dengan Baik

Lokasi pertemuan adalah hal yang penting. Lokasi pertemuan harus benar-benar proper, yaitu memiliki pelayanan yang baik dan hidangan yang terbukti enak.

Anda harus siap untuk memesan tempat yang mahal dan terkenal. Namun pastikan Anda menemukan keseimbangan yang tepat antara harga, kualitas, dan suasana tempat tersebut.

Anda bisa membaca review online atau menanyakan kepada teman Anda terkait tempat yang baik untuk pertemuan bisnis. Anda juga perlu menanyakan preferensi makanan atau alergi tamu Anda, sehingga Anda dapat mempertimbangkan hal itu saat memilih lokasi.

2. Datang Lebih Dulu

Jika Anda merupakan owner bisnis, seorang yang membuat janji pertemuan, Anda harus datang lebih dahulu dibanding klien. Jangan datang tepat waktu, tetapi datanglah beberapa menit sebelumnya.

Jangan sampai klien Anda menunggu. Mereka akan menilai bahwa Anda adalah seseorang yang tidak profesional dan tidak menghargai waktu.

3. Berpakaian Sesuai

Selain datang lebih dulu, Anda juga perlu untuk memperhatikan penampilan. Anda harus memakai pakaian yang formal dan sesuai dengan pertemuan klien bisnis.

Selain dari presentasi atau obrolan, klien juga akan menilai dari kesan pertama yaitu bagaimana Anda berpakaian. Berpakaian rapih dan wangi akan meyakinkan mereka bahwa Anda adalah orang memberi perhatian pada pakaian, kerapian, dan kebersihan pribadi.

Baca juga: 3 Manfaat Melakukan Kolaborasi untuk Bisnis

4. Dengarkan dan Berbicara dengan Bijak

Anda harus mendengarkan klien dengan baik dan jika Anda berbicara, pastikan untuk tetap profesional. Hindari topik yang kontroversial atau tidak pantas, dialog harus tetap terkait bisnis.

Setelah mendengarkan mereka dengan baik, Anda perlu mengajukan pertanyaan yang cerdas berdasarkan apa yang mereka katakan. Dengan mengajukan pertanyaan, Anda dengan cepat mengidentifikasi apa yang penting bagi prospek bisnis Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau