Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan 6 Hal Ini Saat Melakukan Negosiasi dalam Bisnis

Kompas.com - 04/04/2024, 11:51 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam dunia bisnis, negosiasi adalah hal yang paling sering kita temui. Negosiasi itu merupakan bagian integral dari dunia bisnis yang membutuhkan keterampilan, kesabaran, dan strategi yang tepat untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan.

Negosiasi itu dapat berupa bernegosiasi gaji Anda di pekerjaan baru, meminta kenaikan gaji, atau mengawasi kesepakatan bisnis. Maka dari itu, negosiasi adalah keterampilan profesional yang penting.

Baca juga: 3 Alasan Pentingnya Komunikasi dalam Negosiasi Bisnis, Pelaku Usaha Harus Tahu

Namun, tidak mudah dan bisa memakan waktu lama untuk mencapai suatu kesepakatan. Penting untuk tawar-menawar dengan benar, karena bahkan kesalahan terkecil pun dapat membuat Anda kehilangan kesepakatan yang baik.

Dilansir dari Business News Daily, berikut adalah enam hal yang harus Anda lakukan saat terlibat dalam proses negosiasi:

1. Jadilah yang Pertama yang Membuat Keputusan

Bagian dari menjadi negosiator yang baik adalah mengambil kendali dalam perjanjian. Membuat penawaran pertama menciptakan standar untuk kontrak, terutama jika Anda adalah penjual.

Ini adalah cara yang efektif untuk mengikat syarat dan ketentuan yang paling penting bagi Anda dalam negosiasi sejak awal. Hal ini akan memperkuat penawaran Anda untuk menjadi nyata sesuai tujuan awal bisnis Anda.

2. Fokus Kepada Syarat-syarat daripada Nominal

Negosiasi biasanya berhubungan dengan nominal uang. Namun, dibanding hanya fokus kepada nominal, lebih baik Anda fokus kepad syara-syarat apa yang harus dilakukan dan dipatuhi oleh Anda dan juga mitra.

Mulailah dengan penawaran harga yang lebih tinggi dengan mempertimbangkan biaya langsung dan tidak langsung yang akan Anda tanggung. Kemudian cari cara untuk menambah nilai pada kesepakatan tanpa menurunkan harganya.

Baca juga: 3 Tips Penting untuk Membangun dan Mendapatkan Mitra Bisnis Franchise

3. Gunakan Kata-kata yang Bijaksana

Anda tidak perlu membahas secara keseluruhan tentang negosiasinya. Anda hanya perlu mengatakan apa yang perlu dan kombinasikan itu dengan kontak mata langsung. Pendekatan langsung ini membangun kepercayaan dan membuat pihak lain lebih mungkin menerima syarat yang Anda ajukan.

Ingatlah bahwa Anda tidak hanya mencoba menyelesaikan kesepakatan. Maka dari itu strategi komunikasi Anda harus fokus pada pengelolaan hubungan yang berkelanjutan.

4. Ajukan Pertanyaan yang Terbuka

Pertanyaan terbuka maksudnya adalah pertanyaan yang jawabannya luas tidak terpikat pada jawaban ya atau tidak saja. Pertanyaan itu tidak akan menghasilkan rincian dan konteks.

Pilihlah pertanyaan yang membantu pihak lain memahami bagaimana mereka mendapatkan manfaat dari negosiasi dan pastikan mereka memahami kesepakatan secara keseluruhan.

Anda juga perlu menjadi pendengar yang baik atas kekhawatiran dan keberatan mereka. Tanggapi dengan jawaban yang mencegah keraguan.

5. Tawarkan Solusi Win-win

Setiap kesepakatan yang hanya menguntungkan satu pihak akan menghasilkan hubungan bisnis yang cacat. Negosiasi yang bersifat satu sisi mengurangi kepercayaan dan kedekatan.

Baik Anda maupun pihak lain harus yakin bahwa Anda mendapatkan kesepakatan yang adil. Maka dari itu negosiasi dilakukan agar mendapatkan hasil yang sama-sama mendapatkan nilai positif dan untung.

Baca juga: Pameran Karya Kreatif Indonesia 2023 Catat Kesepakatan Bisnis Rp207,3 Miliar

Jelaskan penawaran Anda kepada mitra, pastikan penawaran itu menguntungkan kedua belah pihak, tidak Anda saja, atau mitra saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com