Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Penting untuk Membangun dan Mendapatkan Mitra Bisnis Franchise

Kompas.com - 26/02/2024, 17:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah membangun bisnis franchise, perlu upaya untuk memperluas jaringan usaha di berbagai tempat. Salah satunya adalah membuka outlet atau cabang di daerah lain.

Cara membuka outlet atau cabang adalah dengan mendapatkan mitra franchise. Biasanya pusat franchise akan membuat daftar harga paket mitra. Harga ditentukan berdasarkan kesepakatan dan keputusan pihak franchise pusat.

Setelah itu, masih ada upaya yang harus dilakukan untuk menarik perhatian calon mitra. Diperlukan cara-cara yang tepat agar ada seseorang yang berminat untuk menjadi mitra franchisemu.

Berikut cara mendapatkan mitra franchise usahamu yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca juga: PTBA akan Gandeng Lebih Banyak Mitra Lokal untuk Jalankan Program Reklamasi

1. Daftarkan Merek atau Brand

Saat telah mendirikan franchise, pastikan kamu melakukan registrasi atau daftarkan brand Anda pada Ditjen Kekayaan Intelektual (DJKI). Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak menjumpai permasalahan di kemudian hari.

Jika tidak segera mendaftarkan merek pada DJKI, masalah sengketa merek dengan franchise lain bisa muncul. Dikhawatirkan akan ada franchise yang meniru merek usahamu.

2. Menyediakan Pelatihan dan Pendampingan

Calon mitra yang akan berbisnis franchise denganmu, hendaknya diberikan dan pelatihan dan pendampingan. Pastikan calon mitramu memiliki pemahaman yang baik terkait sistem dan standar yang telah ditentukan.

Baca juga: Kisah Sukses Tahu Jeletot Taisi, dari Teras Rumah hingga Punya 600 Mitra di Pulau Jawa

Pemahaman yang baik dari calon mitra, akan memudahkan kamu untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, pendampingan yang baik juga merupakan tanggung jawabmu sebagai pemilik franchise.

3. Menyusun Standar Operasional (SOP)

Agar calon mitra yakin untuk berbisnis denganmu, tentukan standar operasional yang jelas. Standar operasional ini diperlukan agar calon mitra memiliki patokan apa yang harus dan tidak boleh dilakukan sebagai mitra.

Baca juga: Hayafest 2023 Bantu Mitra UKM Halal Community Pasarkan Produk

Penyusunan standar operasional juga bentuk komitmen franchise terhadap perkembangan bisnisnya. Contoh standar operasional adalah tata cara penyimpanan bahan baku, penanganan konsumen, dan pengemasan produk. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com