Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTBA akan Gandeng Lebih Banyak Mitra Lokal untuk Jalankan Program Reklamasi

Kompas.com - 26/12/2023, 13:28 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

MUARA ENIM, KOMPAS.com - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) akan memperbanyak mitra binaan untuk melaksanakan program reklamasi lahan tambang melalui program Eco Agrotomation.

Eco Agrotomation sendiri merupakan program kemitraan yang dijalankan oleh PTBA untuk membina masyarakat guna menjadi pemasok bibit pohon serta perawatannya di lahan reklamasi tambang.

Dalam program ini, perseroan tidak hanya membeli bibit yang diproduksi oleh mitra binaan, namun juga memberikan kepada mereka alat penyiraman otomatis.

Baca juga: Difasilitasi PTBA, Zailani Angkat Ekonomi Masyarakat lewat Usaha Pembibitan Pohon

Asisten Manager Sustainable Community Development PTBA Dewa Made Dwi Parmana, menjelaskan program Eco Agrotomation ini sudah memiliki empat mitra binaan di Kabupaten Muara Enim.

"Mitra binaan di bawah program Eco Agrotomation ini sudah bisa menyerap sekitar 30 tenaga kerja dari warga setempat, di mana sebagian di antaranya adalah mereka yang pernah bekerja di pertambangan tanpa izin atau ilegal," ujarnya pekan lalu.

Made mengungkapkan saat ini mitra binaan PTBA baru bisa menjalankan sekitar 8 persen dari kebutuhan reklamasi lahan perusahaan. Ke depan, persentase tersebut akan ditingkatkan lagi dengan menambah mitra binaan yang memenuhi kualifikasi.

Sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh calon mitra program Eco Agrotomation ini di antaranya adalah memiliki jiwa socialpreneur. Menurut Made, hal tersebut diperlukan agar mitra binaan tidak hanya berorientasi pada bisnis yang dijalankan, namun juga turut memikirkan masyarakat sekitar.

"Jumlah mitra binaan akan bisa diperbanyak lagi di beberapa titik. Namun kami juga menerapkan syarat bagi calon mitra yang bergabung, bahwa mereka memiliki komitmen dan berorientasi ke masyarakat melalui pemberdayaan dan perluasan lapangan kerja," jelas dia.

Baca juga: Febri Sumantri Sukses Berdayakan Ekonomi Warga melalui Kolaborasi dengan PTBA

Hingga saat ini PTBA telah menggandeng empat mitra dari masyarakat dalam program Eco Agrotomation ini. 

Empat mitra yang digandeng tersebut mampu menyuplai sekitar 160.000 bibit pohon per tahun untuk keperluan reklamasi. Adapun kebutuhan pohon untuk mendukung reklamasi mencapai 2 juta bibit.

"Sementara di internal kami juga memiliki pembibitan sendiri dengan kapasitas mencapai 1 juta bibit pohon. Ke depan, kami tentu memiliki rencana menambah mitra," kata Made.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com