Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Sukses Memulai Bisnis Kecil-Kecilan

Kompas.com - 26/02/2022, 12:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak ide bisnis kecil-kecilan yang bisa dijalankan dengan modal Rp 1 juta. Jadi, saat ini berbisnis tak harus memiliki modal yang besar.

Ide bisnis kecil-kecilan dengan modal Rp1 jutaan seperti bisnis warung kopi, makanan beku, jualan kue rumahan, dan lainnya. Meski bermodal kecil, keuntungan pun bisa menjanjikan.

Nah, bukan berarti berbisnis dengan modal kecil, kamu tak menjalankannya tanpa strategi. Berikut kunci sukses memulai bisnis kecil-kecilan seperti dikutip dari Lifepal.

1. Fokus

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah fokus. Kamu harus fokus mencurahkan tenaga dan pikiran untuk mengelola bisnismu.

Dengan fokus, kamu bisa paham seluk-beluk bisnis yang sedang dijalani dan hal-hal apa saja yang harus kamu tingkatkan agar usaha jadi lebih baik.

2. Hitung modal bisnis

Sejak awal memutuskan untuk memulai bisnis, hitung dengan teliti kebutuhan apa saja yang diperlukan dan berapa biayanya. Hindari pembelian barang yang belum diperlukan di awal untuk menghindari total modal yang terlalu besar.

Pastikan juga kamu tidak mencampur uang pribadi dengan uang usaha agar tak bingung dalam mengatur keuangan kedepannya.

3. Pintar mengelola uang

Mengelola uang bukan perkara mudah dalam berbisnis. Apalagi dengan bisnis kecil yang tentu saja keuntungan awalnya tidak begitu banyak.

Usahakan catat dengan baik segala pemasukan dan pengeluaran untuk memudahkan analisis perkembangan bisnismu.

Meski mengawali bisnis dengan modal kecil, pastikan kamu tetap memberikan waktu untuk mengatur dan mengecek arus keuangannya.

4. Terus berinovasi

Nah, dalam berbisnis salah satu hal yang harus kamu lakukan agar tetap bertahan adalah dengan terus berinovasi. Inovasi tidak hanya dibutuhkan oleh bisnis besar saja, melainkan juga bisnis bermodal kecil yang saat ini kamu tekuni.

Adanya inovasi agar pelanggan tidak cepat bosan dan produkmu menjadi unik di mata pelanggan.

5. Gigih

Kesuksesan seseorang dalam membuka usaha tentu tak akan diraih tanpa kegigihan. Pebisnis ulung tak hanya sekali dua kali mengalami kegagalan.

Namun, kegagalan tak menjadi alasan untuk menyerah dan memutuskan berhenti berbisnis.

6. Jangan terlalu larut dalam kegagalan

Tips memulai bisnis kecil-kecilan adalah jangan terlalu larut dengan kegagalan yang dialami di awal.

Dalam berbisnis kegagalan merupakan risiko yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, sebagai pengusaha kamu harus memiliki mental yang tangguh dan tidak berlama-lama larut dalam kegagalan.

Jadikan kegagalan sebagai salah pelajaran dan jangan lupa untuk selalu mengevaluasi hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com