Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkop UKM Apresiasi Kompas.com atas Kolaborasi Latih UMKM se-Indonesia

Kompas.com - 25/07/2022, 11:27 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM mengapresiasi Kompas.com atas perannya sebagai partner pelatihan menulis konten digital bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi dan Teknologi Informasi Kemenkop UKM, Budi Mustopo menuturkan bahwa dalam era digital saat ini, penting bagi pelaku UMKM untuk melakukan transformasi. Salah satunya dengan memiliki pengetahuan membuat konten digital mengenai usaha yang dijalankan.

"Boleh jadi banyak produk kompetitor dengan kualitas yang sama dengan produk yang ditawarkan oleh bapak ibu peserta pelatihan. Tapi dengan kemampuan literasi digital yang dimiliki, melalui kemampuan menulis, membangun story telling, peserta dapat memberikan nilai lebih pada produk yang ditawarkansehingga dapat lebih diterima oleh pasar," ujar Budi Mustopo, pekan lalu.

Baca juga: Kisah Pasutri asal Purworejo, Budidaya dan Jual Anggrek Spesies Langka hingga Beromzet Jutaan Rupiah

Terkait dengan hal tersebut, Budi mengapresiasi Kompas.com atas materi-materi yang diberikan selama pelatihan dalam rangka mendorong transformasi digital bagi UMKM di seluruh Indonesia.

"Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap Tim Kompas.com yang selama rangkaian kegiatan ini telah bersedia meluangkan waktu, menempuh jarak, meninggalkan keluarga untuk dapat bertemu dengan para PLUTers dan UMKM binaannya untuk kemajuan UMKM di tanah air," lanjut dia.

Ke depan, Kemenkop UKM berharap bisa terus berkolaborasi dengan Kompas.com untuk meningkatkan kemampuan para pengelola, konsultan pendamping dan KUMKM binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) agar dapat mengikuti perkembangan era digital.

Sebelumnya, Kemenkop UKM dan Kompas.com menyelenggarakan pelatihan secara hybrid, yakni online dan offline mengenai pembuatan konten digital bagi UMKM binaan PLUT di seluruh Indonesia.

Sementara, acara secara offline diselenggarakan di empat kota, yakni di Kendal Jawa Tengah, Medan Sumatera Utara, Mataram NTB, serta Ternata Maluku Utara.

Baca juga: Ikuti Pelatihan Penulisan, UMKM di Maluku Utara Bersiap Go Digital

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho menyatakan kemampuan menulis konten untuk platform digital menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh UMKM pada saat ini.

Konten dalam bentuk narasi akan membantu pelaku UMKM memberikan value pada produk-produk yang dijual.

"Ada kecenderungan saat ini, konsumen ketika membeli sesuatu, itu tak hanya membeli produknya tapi juha mempertimbangkan hal-hal lain yang terkait dengan prosesnya, bahan bakunya dan sebagainya. Itulah pentingnya narasi pada produk yang dijual," jelas Wisnu Nugroho.

Adapun materi yang disampaikan meliputi dasar-dasar menulis dan bagaimana menciptakan digital branding dan pengelolaan konten pemasaran UMKM di media sosial; membuat story telling dan membangun brand engagement melalui interaksi di media sosial; serta mengidentifikasi kekuatan tema dalam membuat story telling dan meningkatkan daya saing UMKM melalui manajemen media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com