Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metaverse Besutan Telkom akan Fasilitasi UMKM Masuki Perekonomian Virtual

Kompas.com - 29/07/2022, 10:53 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Leap-Telkom Digital, akan meluncurkan metaverse yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Metaverse yang diberi nama Metanesia itu diharapkan bisa dimanfaatkan oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk pelaku UMKM.

Product Manager Metanesia Andrew Tarigan menuturkan metaverse yang akan diluncurkan itu diharapkan bisa menjadi batu loncatan bagi perekonomian virtual di Indonesia. 

Baca juga: Menilik Pemanfaatan Teknologi Metaverse bagi UMKM

"Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga UMKM untuk menjangkau peluang-peluang baru," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (28/7/2022).

Sementara itu, Deputy Executive Vice President Digital Technology & Platform Business Telkom Indonesia Ery Punta Hendraswara Metanesia menyatakan ada banyak peluang baru yang dapat tercipta dari kehadiran metaverse besutan Telkom.

Misalnya bagi korporasi, ekosistem baru itu dapat memberikan pengalaman baru bagi perusahaan serta konsumen dan target pasar yang akan dicapai.

“Pandemi membuat banyak perubahan. Jadi untuk brand, metaverse tidak hanya sekadar channel baru, tetapi ini suatu new experience dan membuka peluang baru juga untuk mereka memberikan sesuatu yang baru. Misalnya produk baru, di mana produknya bisa saja full digital di metaverse, tetapi di dunia nyata juga kita dapatkan,” tambah Ery.

Baca juga: Mengintip Start Up Lokal Penyedia Produk Metaverse, Ini Kisahnya...

Dalam beberapa tahun terakhir jangkauan untuk memberikan pelayanan bagi pelanggan dikenal dengan dua langkah yaitu secara daring dan luring, dan metaverse bisa menjadi jembatan untuk keduanya bisa digabungkan.

“Sebelumnya, orang punya persepsi kalau metaverse harus pakai VR (virtual reality), padahal metaverse more than that. Artinya interaksinya memang bisa menggunakan VR, tetapi kita juga mengenal AR (augmented reality). Bahkan ada juga interaksinya yang lebih sederhana, seperti menggunakan handphone atau PC layaknya bermain gim," kata Ery.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com