Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Langkah Sukses Membangun Bisnis "Skin Care" dari Nol

Kompas.com - 16/12/2022, 13:07 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Skincare menjadi salah satu produk yang belakangan ini banyak sekali dicari. Bukan hanya oleh kaum hawa saja, sebagian pria juga rutin menggunakan skincare untuk merawat kulit mereka.

Pasarnya yang luas membuat bisnis ini begitu menarik dan memiliki peluang sukses yang terbilang besar. Jika ingin terjun menekuni bisnis kecantikan, ini bisa saja menjadi waktu yang paling tepat untuk Anda.

Berbanding lurus dengan banyaknya peminat, pelaku bisnis skincare ini juga terbilang sangat banyak. Artinya, Anda akan memasuki bisnis yang memiliki tingkat persaingan cukup ketat.

Namun jangan khawatir, jika direncanakan dengan baik, bisnis ini bisa saja berjalan dengan lancar ke depannya. Mulai persiapkan diri Anda untuk terjun dan menekuni bisnis skincare ini dengan tepat.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah, yang bisa Anda lakukan untuk membangun bisnis skincare dari nol, dilansir dari Cermati.com:

1. Tentukan konsep bisnis

Konsep menjadi poin utama yang wajib diputuskan sebelum memulai bisnis skincare ini. Pemilihan konsep ini harus disesuaikan dengan kondisi keuangan, agar ke depannya bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Jika hanya memiliki modal terbatas, maka menjadi dropshipper tentu akan jadi pilihan tepat. Jika memiliki sedikit modal yang memadai, maka menjalankan bisnis ini sebagai reseller bisa menjadi pertimbangan.

Namun jika memiliki modal yang cukup besar, membangun bisnis skincare dengan brand sendiri tentu sangat mungkin dilakukan.

2. Lakukan riset pasar dengan baik

Langkah selanjutnya adalah riset pasar. Hal ini akan sangat membantu melihat kondisi pasar secara jelas, termasuk melihat bagaimana persaingan dalam bisnis tersebut.

Pelajari kondisi pasar dan juga kompetitor, sehingga kelak berbagai halangan dalam bisnis ini bisa diatasi dengan baik. Jika akan menjadi dropshipper atau reseller, dalam tahap ini pencarian supplier juga sudah bisa dilakukan.

3. Mulai product development

Tahap ini dibutuhkan jika Anda akan membangun brand skincare sendiri. Lakukan produk development dengan baik, di mana pengadaan produk direncanakan secara menyeluruh.

Setidaknya ada dua pilihan cara produksi yang dapat dijadikan pertimbangan, yaitu membuka laboratorium dan melakukan aktifitas produksi secara mandiri di sana dan menggunakan jasa pabrik lain untuk kegiatan produksi, di mana produk yang dihasilkan akan sesuai dengan brand dan keinginan Anda selaku pemilik brand tersebut.

4. Tetapkan target pasar

Dalam membangun bisnis, menetapkan target pasar yang tepat juga tak kalah pentingnya. Target pasar yang tepat akan membantu bisnis berkembang dengan maksimal, bahkan mungkin saja dalam waktu cepat.

Hal ini juga akan berkaitan dengan jenis produk skincare yang akan dijual, misalnya: produk khusus untuk pria, produk anti aging, produk untuk remaja, dan yang lainnya.

5. Tentukan brand yang akan digunakan

Penting untuk memilih nama brand yang tepat dalam bisnis, agar mudah dikenal dan diingat oleh calon pelanggan maupun pelanggan itu sendiri. Gunakanlah nama yang tepat, unik dan bisa merepresentasikan produk secara utuh, namun tetap mudah diingat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com