Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Dito, Penyandang Autisme Berdikari Lewat Karya Seni

Kompas.com - 22/12/2022, 09:00 WIB
Gabriela Angelica,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dito's Artventure, salah satu proyek anak penyandang disabilitas, ikut meramaikan acara Karya Tanpa Batas dan menunjukkan peluang wirausahanya.

Dito merupakan seorang anak penyandang autisme dan maestro di balik project Dito's Artventure. Ia mulai menunjukkan lalu mengembangkan potensi kemampuan dan passion-nya dalam membuat karya seni dan kerajinan tangan kini.

Sang ibu, Lies Dina menyampaikan, dirinya melihat sang anak memiliki potensi untuk mengembangkan project-nya ke arah sebuah usaha di bidang kriya. Tujuan utama Dito's Artventure adalah menjadikan Dito sebagai sosok yang mandiri.

"Tentunya kita harus membuat Dito mandiri dan bisa memiliki dirinya sendiri ke depannya," ujar Lies saat ditemui dalam acara Karya Tanpa Batas oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Exhibition Hall Smesco, Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Lies mengakui, proses membuat Dito untuk bisa bersosialisasi memakan waktu yang lama. Ya, 21 tahun lamanya.

"Anak saya ini umurnya sudah 23 tahun dan mengidap autisme sejak usia 22 bulan. Di fase awal itu dia tidak mengenali siapa pun termasuk saya dan tidak ada kontak sama sekali," jelas Lies.

Namun, seiring berjalannya waktu, Lies melihat bukan hanya soal bersosialisasi saja, melainkan Dito harus bisa menjadi sosok independen demi kepentingan masa depannya.

Salah satu upaya Lies adalah dengan terus membimbing dan mendampingi Dito dalam merintis project pribadinya tersebut hingga sekarang mereka mulai berencana untuk menjadikan Dito's Artventure sebagai wadah sang anak berkarya dan mendapatkan penghasilan sendiri.

Sejak awal, Lies terus membekali Dito dengan pendidikan-pendidikan yang tepat bahkan hingga jenjang sekolah menengah atas (SMA) didampingi oleh para terapis khusus.

"Untuk pendidikan yang terakhir, yaitu D3 jurusan design di London School. Di sanalah kita menemukan bakat Dito. Dengan (kerajinan tangan) ini, dia bakat seninya terlihat," ungkap Lies.

Terdapat beberapa produk seni yang dibuat Dito, seperti kain Shibori dengan teknik celup, gambar sulaman, lukisan, gelas, goody bag, dan beberapa produk kriya lainnya.

Awalnya, Lies tak berpikir untuk menjual hasil karya Dito. Namun, setelah mengikuti pameran, termasuk pameran Karya Tanpa Batas, ternyata banyak permintaan. Permintaan datang dari pengunjung yang menunjukkan potensi bisnis dari apa yang Dito kerjakan selama ini.

"Kami jadi punya semacam ide dan keyakinan untuk masa depan Dito, mau dan akan seperti apa nantinya," ujar Lies.

Karya penyandang autisme, Dito dipamerkan dalam acara Karya Tanpa Batas di Gedung Smesco, Jakarta pada Rabu (21/12/2022).Gabriella Angelica Karya penyandang autisme, Dito dipamerkan dalam acara Karya Tanpa Batas di Gedung Smesco, Jakarta pada Rabu (21/12/2022).

Lies awalnya mulai mencoba menghitung nilai dari produk seni yang dibuat oleh Dito karena bergabung dengan yayasan Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) dan ditawarkan untuk mengikuti exhibition. Selama ini, ia dan keluarga sama sekali tidak berpikir untuk memberi harga dari produk-produk karya Dito tersebut.

"Kami juga tidak tahu cara mencari untungnya seperti apa karena bukan itu yang kami mau. Kami cuma ingin anak saya punya pekerjaan dan dihargai," tutur Lies.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com