Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Skill yang Harus Dimiliki sebagai Wirausaha, Simak Penjelasannya

Kompas.com - 24/03/2023, 10:53 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagai orang yang memiliki dan menjalankan bisnis sendiri, seorang wirausaha, artinya harus paham betul dan siap menanggung berbagai plus minus yang akan didapat selama menjalani bisnis.

Ada berbagai risiko buruk yang memiliki kemungkinan untuk terjadi dan dapat mengacaukan bisnismu, seperti risiko finansial, risiko operasional, risiko produk, dan lainnya.

Dengan banyaknya hal yang harus dilakukan untuk memulai bisnis hingga dapat berjalan sukses, ada beberapa skill atau keterampilan yang kebanyakan dibutuhkan oleh seorang wirausaha untuk membangun bisnis yang sukses seperti dilansir melalui investopedia.com berikut ini.

Baca juga: 3 Karakter yang Harus Dimiliki Pengusaha Pemula untuk Sukses

1. Komunikasi

Sebagai seorang yang bertanggung jawab langsung atas bisnis, tentunya keterampilan berkomunikasi yang baik dan efektif sangat diperlukan.

Kamu harus bisa memahami bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan seluruh pihak yang terlibat dalam bisnis, baik pemegang jabatan maupun konsumen.

Berbagai bentuk komunikasi perlu untuk dikuasai, baik itu berbicara secara tatap muka langsung atau pun via online menggunakan email, website, media sosial, dan sebagainya terhadap satu orang atau sekumpulan orang dalam suatu grup.

2. Sales

Sebagai wirausaha, kamu dituntut untuk mampu menjual apa saja, berjalan seiringan dengan keterampilan komunikasi yang kamu miliki.

Pada awalnya kamu akan menjual ide kepada para investor, kemudian kamu menjual produk atau jasa dalam bisnismu kepada pelanggan, hingga akhirnya kamu menjual diri sendiri kepada karyawan, agar mereka juga dapat melihat keterampilanmu dan berharap di kemudian hari akan ditiru oleh mereka.

3. Fokus

Dalam setiap perjalanan pasti ada pasang surut keadaan, di mana Kamu dapat merasakan berada di puncak keberhasilan atau justru sebaliknya dengan berada di tingkat bawah keputusasaan.

Wirausaha yang sukses harus mampu untuk tetap fokus, bahkan ketika keadaan sedang kacau balau sekali pun.

Tidak peduli tantangan apapun yang dirasakan, sebagai wirausaha, kamu harus memiliki fokus terhadap tujuan akhir, sehingga kamu tidak akan melenceng dan dapat terus mendorong diri tidak menyerah untuk mencapainnya.

Baca juga: 3 Elemen Penting dalam Membangun Merek Bisnis

4. Mau belajar

Ketika Kamu memiliki kemampuan untuk mau terus belajar, maka peluang untukmu dalam mencapai kesuksesan dalam berbisnis dapat menjadi lebih besar.

Mengalami kegagalan namun tetap mau belajar dan tidak menyerah, juga dapat membantu kamu dalam memperluas pengetahuan dan pemahaman terhadap bisnismu sendiri.

5. Strategi bisnis

Dengan menggunakan keterampilan komunikasi yang baik dan efektif, sales, mau terus belajar, maka akan membantu kamu dalam mengetahui sekaligus mempelajari strategi bisnis yang tepat dan efektif dengan lebih cepat, dibandingkan kamu tidak memiliki keterampilan di atas.

Seorang wirausaha perlu memiliki strategi yang jelas dan matang, agar dapat membawa bisnisnya menuju tingkat kesuksesan tertinggi dan terus berkelanjutan.

Baca juga: Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu 5 Hal Penting Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com