Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Walikota Batam Sebut UMKM Punya Peran Strategis Menggerakakkan Ekonomi Lokal

Kompas.com - 11/05/2023, 16:15 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, menaruh perhatian besar pada sektor UMKM sebagai salah satu pilar utama dalam menggerakkan ekonomi lokal, di mana UMKM merupakan salah satu upaya untuk menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mengurangi tingkat pengangguran.

Hal tersebut disampaikannya dalam pembukaan Anjung Asam Pedas Melaka dan Nasi Kebuli Burhani di Ruko Permata Hijau, Batam Center, Senin (8/5/2023).

Menurutnya, UMKM memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan daya saing daerah dan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Kisah Kustalani, Pertahankan Bisnis Batik Tubo Ternate meski Diterpa Pandemi

“Saya berharap, dengan mendorong pertumbuhan sektor UMKM dapat tercipta ekosistem yang mendukung bagi para pelaku UMKM untuk berkembang dan berinovasi lebih baik,” ujarnya mengutip laman media center Kota Batam, Kamis (11/5/2023).

Ia menambahkan, Pemkot Batam telah menginisiasi berbagai program dan kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat sektor UMKM di Kota Batam, salah satunya dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan.

“Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan ini agar pelaku UMKM memiliki keterampilan dan pengetahuan yang lebih baik dalam mengelola usahanya,” tambahnya.

Baca juga: 4 Tips Menjangkau Pelanggan Secara Efektif ala Pemilik Brand Biyantie

Selain itu, upaya pemberdayaan UMKM juga dilakukan dengan memberikan fasilitas akses pembiayaan, penyediaan infrastruktur yang mendukung, dan promosi produk UMKM secara luas.

Melalui kebijakan-kebijakan progresif yang diterapkan, Amsakar berharap dapat menciptakan ekosistem yang kondusif bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang, sehingga dapat meningkatkan kontribusi UMKM terhadap pendapatan daerah serta mengurangi disparitas ekonomi antara wilayah di Kota Batam.

“Kami percaya bahwa UMKM kita memiliki potensi yang besar untuk bersaing di tingkat regional maupun nasional,” pungkasnya.

Baca juga: Kurangi Risiko Gagal Merintis Bisnis, Simak Tips Melakukan Beachhead Market

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com