Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Cross Selling Pada Bisnis, Apa Saja?

Kompas.com - 23/05/2023, 11:55 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai pemilik bisnis, selain mempunyai keinginan untuk meningkatkan penjualan, kamu juga tentu menginginkan pelanggan loyal.

Hal tersebut bisa diwujudkan salah satunya menggunakan cross selling pada bisnismu. Cross selling sendiri memiliki arti sebagai cara menjual suatu produk yang berhubungan dengan produk utama atau bisa disebut juga dengan produk pelengkap.

Oleh karena itu, cross selling penting digunakan dalam bisnis. Supaya tidak salah langkah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan cross selling pada bisnis, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Tingkatkan Nilai Penjualan, Begini Cara Menerapkan Strategi Up Selling

1. Menggunakan segmentasi perilaku

Tips pertama yang bisa dilakukan dengan meneliti dan mendalami perilaku pelanggan. Sebagai penjual, sudah seharusnya kamu mempunyai catatan mengenai produk apa yang paling digemari dari bagaimana latar belakang pelanggan.

Kamu bisa membagi pelanggan menjadi beberapa kelompok. Di mana setiap kelompok dapat diatur berdasarkan latar belakang dan jenis produk yang paling digemari. Apabila berjualan secara online, bisa menganalisisnya melewati transaksi pelanggan.

Dengan mengetahui perilaku dan tujuan pelanggan membeli produk bisa memudahkan untuk menentukan cross selling yang sesuai.

2. Menawarkan produk lain walaupun tidak penting

Cara kedua dengan menawarkan produk lain walaupun tidak penting. Sejumlah jenis produk mempunyai fungsi dan manfaat yang dapat ditingkatkan apabila dipakai bersamaan dengan produk lain.

Sebagai contoh, apabila menjual camilan asin, kamu juga bisa menjual dan menawarkan produk lain seperti toples untuk camilan.

Baca juga: 5 Macam Digital Marketing yang Dapat Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Walaupun bukan produk utama, toples camilan dapat dipakai sebagai tempat tambahan untuk camilan yang dijual.

3. Memberikan diskon paket bundling

Cara terakhir untuk menggunakan cross selling dengan memberikan diskon paket bundling. Apabila kamu berjualan secara online melalui e-commerce bisa menggunakan tambahan fitur promo bundling.

Kamu bisa menggabungkan beberapa produk untuk dibeli secara bersamaan dan memperoleh harga spesial. Cara yang sama juga dapat dilakukan apabila berjualan secara langsung. Di mana kamu membuat beberapa paket penjualan untuk pelanggan dengan harga diskon.

Demikian beberapa cara menggunakan cross selling pada bisnismu, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com