Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Maksimalkan Reels Instagram untuk Pemasaran Bisnis

Kompas.com - 14/06/2023, 09:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kehadiran bermacam platform media sosial dengan berbagai karakteristik dan fitur menarik yang ada di dalamnya, menjadikan media sosial cocok digunakan sebagai salah satu media pemasaran digital.

Salah satunya dengan memanfaatkan fitur reels di Instagram, di mana kamu bisa membuat konten video dengan durasi pendek, yang dapat menjadi strategi pemasaran digital bagi bisnismu.

Ada berbagai konten yang bisa kamu kemas di dalamnya, seperti peluncuran produk baru, behind the scene pengambilan video, atau tutorial yang berhubungan dengan bisnis yang kamu jalankan.

Apalagi, sekarang reels sudah tidak ada batasan maksimal durasi sehingga kamu dapat lebih leluasa mengunggah konten.

Baca juga: 7 Cara Promosikan Produk di Instagram agar Cepat Laris Manis

Dengan menggunakan reels, maka kamu dapat menjangkau target audiens yang lebih besar, sekalipun mereka bukan pengikut akun Instagram bisnismu.

Berikut ini tips yang dapat kamu terapkan saat ingin mengunggah konten dalam bentuk reels di Instagram, agar lebih maksimal dalam melakukan pemasaran digital seperti yang telah dirangkum Kompas.com melalui berbagai sumber.

1. Perhatikan kualitas video

Pastikan kamu mengunggah video dengan kualitas yang baik, sehingga video yang ditampilkan jelas dan tidak blur. Selain itu, perhatikan juga apakah video berjalan dengan lancar atau ada bagian yang patah-patah.

Tampilan visual yang menarik akan membuat audiens berhenti scrolling dan menonton video reels yang kamu unggah.

Baca juga: Cara Menarik Perhatian Banyak Pelanggan Lewat Instagram, Jangan Salah!

2. Tambahkan teks dalam video

Ada banyak orang yang menonton konten video di tempat umum dan tanpa suara, sehingga penambahan teks di dalam video dapat lebih menarik audiens untuk menonton video reels milikmu dibandingkan dengan tidak ada teks.

Tak hanya itu, bagi mereka yang mengalami kesulitan pendengaran juga akan terbantu dengan adanya penambahan teks di dalam video.

Sekarang ini sudah banyak aplikasi editing di ponsel yang dapat kamu gunakan dengan mudah untuk mengedit konten video, termasuk salah satunya menambahkan teks di dalamnya.

Baca juga: Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Mengunggah Video Pendek untuk Strategi Pemasaran

Cobalah untuk lebih kreatif dengan penempatan teks yang tidak monoton, seperti penambahan subtitel biasa yang terletak di tengah bawah video.

Kamu dapat mencoba ukuran font yang lebih besar, dengan teks yang muncul secara bergantian per kata di posisi tertentu dan dengan transisi yang tetap rapih.

3. Ajak audiens untuk mengunjungi link di bio

Dalam konten yang diunggah, kamu juga dapat menyertakan ajakan kepada audiens untuk mengunjungi link yang ada di bio Instagram milikmu.

Dalam link tersebut, kamu dapat mencantumkan link marketplace online, nomor WhatsApp yang dapat dihubungi, atau bahkan katalog online yang akan memudahkan pelanggan melihat-lihat produkmu.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Lebih Banyak Views di Instagram Saat Promosikan Bisnis

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com