Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sukses Melakukan Referral Marketing? Begini Caranya

Kompas.com - 30/06/2023, 18:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai pemilik bisnis, tentu beringinan untuk mendapatkan banyak calon pelanggan baru. Hal ini bisa terealisasikan apabila menggunakan strategi pemasaran.

Strategi pemasaran memiliki beragam jenis, salah satunya referral marketing. Menurut Shopify, referral marketing ialah strategi promosi yang mendorong pelanggan untuk mengajak pelanggan baru di sekitarnya.

Ajakan tersebut bisa berwujud berupa tindakan untuk membeli atau membagikan konten promosi. Tak hanya itu, referral marketing juga bisa menghasilkan pelanggan yang loyal.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk melakukan referral marketing dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Tips Melakukan Defensive Marketing, Salah Satunya Tetap Inovatif

1. Membangun program referral sederhana

Salah satu alasan referral marketing kurang berhasil karena prosesnya yang rumit. Sehingga, buatlah suatu sistem yang mudah supaya program tersebut dapat berjalan secara efektif.

Misalnya seperti menyiapkan link untuk setiap pelanggan yang mudah mereka bagikan ke orang lain melalui media sosial atau platform lain.

Begitu juga dengan pemberian hadiah, kurangi prosedur yang sulit. Misalnya dengan memberikan hadiah langsung di aplikasi yang dipakai referrer.

Kamu tidak perlu cemas karena sekarang ini banyak referral software yang bisa mengatur sistem, kode unik, sampai bisa mengukur seberapa berhasil referral yang dilakukan.

Baca juga: Strategi Jalankan Organic Marketing untuk Tingkatkan Loyalitas Konsumen

2. Memanfaatkan momentum

Selanjutnya, memanfaatkan momen-momen khusus untuk melakukan program referral marketing. Cara ini bisa disebut dengan strategi marketing seasonal yakni hanya dilakukan pada waktu tertentu.

Jadi, ada banyak orang yang menunggu momen tersebut. Kamu juga dapat menggunakan momen keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, dan lainnya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan program ini ketika event belanja seperti Black Friday. Kemudian, jangan lupa untuk membuat strategi untuk event tersebut misalnya seperti memberikan diskon 10 persen.

3. Kerja sama dengan influencer dan brand ambassador

Terakhir, pada dasarnya referral marketing dilakukan pelanggan yang merekomendasikan produk kepada pelanggan lainnya.

Baca juga: Tips Strategi B2P Marketing, Salah Satunya dengan Personalisasi

Meskipun demikian, bukan berarti kamu hanya menggunakan strategi tersebut untuk memperoleh pelanggan.

Kamu dapat menaikkan penjualan dan menjangkau banyak pelanggan dengan memakai jasa influencer atau brand ambassador.

Akan tetapi, pastikan kamu memilih seorang influencer atau brand ambassador sesuai dengan strategi branding dan jenis bisnis yang sedang dijalankan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com