Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Jalankan "Organic Marketing" untuk Tingkatkan Loyalitas Konsumen

Kompas.com - 14/06/2023, 17:23 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika menjalankan bisnis, tentu suatu perusahaan harus memiliki strategi marketing. Salah satu yang bisa dicoba adalah organic marketing.

Organic marketing merupakan gerakan untuk pemasaran dengan biaya yang minim. Strategi ini mempunyai sejumlah kelebihan seperti mampu menaikkan angka traffic dan engagement rate perusahaan secara cepat.

Tidak hanya itu, tujuan utama strategi organic marketing ialah menciptakan hubungan emosional dengan target audiens pelanggan.

Baca juga: Tips Strategi B2P Marketing, Salah Satunya dengan Personalisasi

Oleh karena itu, penting untuk melakukan strategi ini. Supaya tidak bingung, berikut ini beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk melaksanakan organic marketing.

1. Menciptakan value driven content

Untuk melaksanakan strategi organic marketing, kamu harus memahami seluruh kebutuhan dan tantangan para audiens. Selain itu, kamu juga harus membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Hal ini penting untuk dilakukan karena bisa menyediakan beragam informasi penting mengenai aspirasi mereka tentang kelebihan dan kekurangan konten yang kita punya. Oleh karena itu, selalu periksa keperluan dan tantangan cara berulang.

Baca juga: 3 Cara Optimalkan Transformasi Digital dalam Business Marketing

2. Meluncurkan konten Evergreen

Strategi selanjutnya adalah dengan meluncurkan konten Evergreen. Menurut Redcoom, konten evergreen merupakan suatu konten dengan informasi mengenai hal-hal yang selalu relevan untuk beberapa tahun ke depan.

Jenis konten ini termasuk efektif karena bisa dimaksimalkan apabila diperlukan. Tak hanya itu, konten Evergreen juga ramah SEO yang berguna untuk kebutuhan pemasaran dalam jangka panjang.

3. Membuat konten mobile friendly

Tak bisa dibantah masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu dengan smartphone mereka. Mengetahui hal ini, Buatlah konten yang mempunyai format sesuai pengguna smartphone atau mobile friendly.

Baca juga: 5 Kelebihan Strategi Mobile Marketing Untuk Bisnis

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan ketika memaksimalkan konten untuk layar smartphone. Misalnya seperti desain konten yang responsif dan interaktif, kecepatan memuat halaman, dan lainnya.

4. Manfaatkan perform media sosial dengan optimal

Terakhir, kamu harus mengoptimalkan keberadaan media sosial. Hal ini karena media sosial adalah saluran bagi bisnis untuk meningkatkan perolehan pelanggan dan melibatkan pengikut mereka.

Oleh karena itu, kamu harus konsisten dalam mengupload konten di media sosial resmi perusahaan. Di sana kamu juga bisa meminta audiens untuk menjawab pertanyaan dan membagikan ulang konten untuk menaikkan engagement rate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com