Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIF GROUP Beri Pelatihan ke UMKM agar Melek Digital dan Lihai Kelola Keuangan

Kompas.com - 17/07/2023, 17:28 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - FIF GROUP, layanan finansial Grup Astra International memberikan edukasi bagi pelaku UMKM agar lebih memahami pengelolaan keuangan, operasional, promo, hingga pembelajaran mengenai pemanfaatan platform digital.

 

Microfinancing Division Head FIFGROUP Cicilia Tri Hapsariningtyas menuturkan program edukasi dilakukan melalui program FINARIA yang telah hadir di kota Medan dan Malang, serta kota-kota besar lainnya seperti Lampung dan Ciledug.

"Melalui program tersebut, diharapkan kami dapat mendukung UMKM sebagai pertumbuhan tulang punggung ekonomi Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (17/7/2023). 

Baca juga: Tawarkan Kuliner dan Kerajinan UMKM, Surabaya Kriya Gallery Raup Omzet Ratusan Juta

Menurut Cicilia, salah satu aspek utama yang mendukung pertumbuhan bisnis para pelaku UMKM adalah kecepatan beradaptasi dengan perkembangan digitalisasi yang terjadi.

Digitalisasi menjadi faktor penting dalam perkembangan usaha saat ini. Pelaku UMKM perlu memanfaatkan teknologi informasi, seperti pemanfaatan internet, media sosial, dan aplikasi bisnis, untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi operasional.

Sementara itu Microfinancing Partnership and Marketing Development Head FIFGROUP, Riezky Candra Novariz, mengatakan kemampuan para pelaku UMKM dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi digital sangatlah penting.

“Memanfaatkan aplikasi digital akan mempermudah operasional, meningkatkan efisiensi, dan membantu pelaku UMKM bersaing di era digital. Saat ini digital platform sudah sangat menjamur saat ini, banyak aspek operasional bisnis yang sudah dapat di-support dengan menggunakan aplikasi digital yang saat ini sudah ada,” kata Riezky.

Lebih lanjut, Riezky menjelaskan pelaku UMKM juga dapat memanfaatkan aplikasi digital yang sudah menjamur saat ini untuk membantu proses pemasaran dan mendapatkan pelanggan baru.

Dalam program FINARIA yang dijalankan FIFGROUP, terdapat sejumlah strategi khusus yang perlu diperhatikan oleh para pelaku UMKM, yaitu fokus pada strategi bisnis.

Pertama, UMKM harus mempu untuk fokus pada keberlangsungan bisnis yang dijalankan dengan tetap memperhatikan dan menganalisis kompetitor dan pasar, sehingga bisnis yang dijalankan tetap kompetitif dalam persaingan dan juga bisa memenuhi kebutuhan pasar yang dinamis.

Baca juga: Geliat Perajin Dompet di Lebak, Pasok Produk ke Mangga Dua

Kedua, manajemen keuangan yang baik dengan terus memperhatikan arus kas secara tepat dan akurat. Penting bagi para pelaku UMKM dalam melihat arus kas masuk ataupun keluar, sehingga kondisi finansial bisnis tetap terjaga dalam kondisi yang baik.

Modal juga menjadi salah satu bagian penting dalam pengelolan keuangan yang baik, di mana salah satu aspek penting dalam menjaga modal pada pengelolaan keuangan bisnis adalah pengajuan hutang yang bijak.

Untuk mendorong pengembangan bisnis, pelaku UMKM dapat mempertimbangkan pengajuan pinjaman yang bijak. Sebelum mengajukan pinjaman, lakukan analisis kebutuhan modal dengan cermat dan perhatikan kemampuan untuk membayar kembali pinjaman tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com