Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Purwakarta Targetkan 6.000 Produk UMKM Dapatkan Label Halal

Kompas.com - 30/07/2023, 16:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Label halal dari Kementerian Agama dalam sebuah produk diperlukan sebagai bagian dari kelengkapan atau syarat sebelum dijual ke pasaran.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menargetkan 6 ribu produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Purwakarta akan berlabel halal pada tahun ini.

Pemkab Purwakarta telah bekerjasama dengan Kementerian Agama setempat untuk membantu para pelaku UMKM supaya produk mereka bisa mendapatkan sertifikat halal.

Baca juga: Bantu UMKM Naik Kelas, Pemkab Tapanuli Tengah Bantu Urus Sertifikasi Halal dan Izin BPOM

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Purwakarta, Asep Surya Komara, di Purwakarta, Sabtu, mengatakan, sejak awal tahun 2023, sudah ada sekitar 2 ribu produk UMKM yang telah mendapat sertifikat halal.

"Targetnya, hingga akhir tahun nanti ada 6 ribu produk UMKM yang telah berlabel halal," kata Asep seperti dikutip dari Antara, Minggu (30/7/2023).

"Sertifikasi halal ini penting agar memberikan kepastian dan kenyamanan bagi konsumen," imbuhnya.

Asep mengungkap, untuk mendaftarkan produk mendapat sertifikasi halal dari Kementerian Agama, caranya cukup mudah.

“Para pelaku UMKM tinggal mendaftar ke Kemenag Purwakarta, dan untuk mendapat sertifikat halal ini tak dipungut biaya,” jelas Asep.

Ia mengaku akan berupaya untuk terus mendorong dan mengedukasi para pelaku UMKM di daerahnya.

Hal tersebut dilakukan, karena selain berkaitan dengan syarat edar, ada beberapa hal yang ditekankan kepada para pelaku UMKM. Di antaranya harus lebih memerhatikan soal kualitas produk, kuantitas produksi, dan kemasan.

Ia menyebutkan, hingga saat ini jumlah pelaku UMKM di Purwakarta mencapai 44.000 pelaku usaha, tersebar di 17 kecamatan sekitar. Mayoritas, UMKM ini bergerak di sektor makanan dan minuman.

Baca juga: Kemenag Bogor Targetkan Sertifikasi Halal Gratis untuk 6.000 Produk UMKM

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com