Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menjajal Bisnis Waralaba Minuman? Ini Tipsnya Agar Tak Merugi

Kompas.com - 23/09/2023, 11:41 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Perkembangan bisnis franchise atau waralaba saat ini bisa dibilang berkembang cukup pesat. Bahkan bisnis franchise kini bukan hanya di kota besar saja, tapi sudah tersebar hingga ke desa-desa. Salah satu jenis yang cukup populer adalah bisnis minuman kekinian.

Bisnis minuman memang tak ada matinya, bahkan hampir selalu punya tempat tersendiri bagi penikmatnya. Hingga saat ini, banyak bermunculan minuman kekinian dengan berbagai jenis. Dari yang biasa hingga yang punya rasa dan tampilan unik.

Sama seperti bisnis kuliner, bisnis minuman pun juga mampu menghasilkan omset tinggi. Tak heran jika banyak yang tertarik untuk mencoba peruntungan di bisnis ini. Nah, salah satu cara mudah memulai usaha minuman adalah bergabung dengan bisnis franchise.

Namun sebelum memutuskan untuk memulai bisnis minuman dengan jalan franchise, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dilansir dari Cermati.com, simak tips memulai usaha minuman dengan sistem franchise berikut ini:

1. Menentukan Produk Minuman dengan Target Market yang Jelas

Poin penting yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan untuk memulai bisnis waralaba minuman adalah menentukan produknya. Selain itu, pastikan juga jika produk tersebut memiliki banyak peminat dan laku di pasaran.

Untuk mengetahui produk bisnis waralaba yang akan dipilih laku atau tidak di pasaran saat ini, cek skala penjualan produknya. Umumnya, setiap bisnis waralaba punya data tersendiri yang berisi jumlah penjualan dan jenis-jenis produk terlaris. Anda bisa meminta data terbaru yang dimiliki bisnis waralaba tersebut.

Selain itu, bisnis waralaba umumnya dijalankan menggunakan sistem kontrak dengan batas waktu tertentu. Sebab itu, pastikan produk minuman yang ditawarkan memiliki peluang sukses yang tinggi untuk mengurangi potensi kerugian yang mungkin dialami.

2. Pastikan Jenis Produk yang Dijual Tidak Musiman

Selain menentukan produk yang tepat, pastikan juga jenis produknya bukan musiman. Artinya produk hanya diminati di waktu atau musim tertentu saja. Seperti contohnya es kepal Milo yang beberapa tahun yang lalu sempat booming di masyarakat.

Meledaknya popularitas jenis minuman kekinian ini membuat banyak orang berbondong-bondong mencoba peruntungan berjualan. Sayangnya, popularitas minuman tersebut tak bertahan lama hingga tak pernah terdengar gaung lagi sekarang.

Untuk itu, lebih cermatlah dalam memilih jenis produk minuman kekinian yang akan dijual. Sebaiknya pilih jenis produk minuman yang penjualannya stabil dan diminati berbagai kalangan. Karena konsumen cenderung menyukai jenis minuman yang bisa dinikmati lagi dan lagi tanpa merasa bosan. Misalnya es teh, es boba dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui produk minuman apa yang diminati semua kalangan dan penjualannya stabil, bisa menggunakan data penjualan sebagai acuan. Nah, sebaiknya pilih franchise minuman yang skala penjualannya cenderung stabil dari waktu ke waktu. Selain itu, bisnis waralaba tersebut juga sudah berjalan cukup lama, bukan hanya baru beberapa bulan saja.

Baca juga: 5 Kiat Sukses Jalankan Bisnis Waralaba untuk Pemula

3. Jeli Memilih Franchisor

Bukan hanya cermat memilih produk franchise apa yang akan dijual, Anda pun juga harus jeli ketika memilih franchisor (pemilik franchise). Setiap usaha tentunya tidak akan selalu lancar atau ramai pengunjung, tentu ada masanya akan mengalami yang namanya tidak stabil. Baik karena persaingan bisnis atau faktor kondisi ekonomi.

Untuk itu, sebaiknya pilih franchisor yang dapat memberikan support maupun bimbingan bisnis yang memadai. Jadi Anda masih terus mendapatkan pendampingan dan tidak dibiarkan sendiri menghadapi persaingan bisnis sendiri.

4. Cek Reputasi Brand Bisnis Waralaba yang Dipilih

Dalam berbisnis, reputasi brand menjadi hal yang sangat penting karena bisa mempengaruhi kredibilitas hingga popularitas. Tak sedikit calon konsumen yang sangat memepertimbangkan reputasi brand sebelum memutuskan untuk beli produknya.

Maka dari itu, pilih brand yang memiliki reputasi yang baik dan kredibel. Artinya, brand tersebut memiliki kualitas produk yang baik dan tidak pernah tersangkut masalah dengan pihak manapun. Karena hal ini bisa mempengaruhi bisnis yang akan Anda jalankan nantinya.

5. Menyiapkan Modal

Dalam bisnis franchise, modal menjadi hal yang sangat penting untuk disiapkan dari awal. Umumnya, franchisor memiliki beberapa pilihan paket usaha dengan spesifikasi dan harga yang berbeda. Nah, jika Anda ingin bergabung dengan bisnis tersebut maka perlu menyiapkan dana sesuai paket usaha yang ditawarkan.

Oleh karena itu, pilihlah bisnis franchise yang bisa disesuaikan dengan kemampuan modal Anda. Sekarang ini ada banyak bisnis waralaba minuman kekinian yang ditawarkan dengan modal cukup terjangkau. Anda hanya perlu lebih jeli dan cermat untuk mencari mana yang lebih sesuai dengan kondisi keuangan saat ini.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com