Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kaum Rebahan" Ingin Sukses Berbisnis? Cek Tips dari Owner Rajokabu Ini

Kompas.com - 22/10/2023, 13:15 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjadi pengusaha di usia muda merupakan impian bagi sebagian generasi muda di Indonesia. Selain semangat yang masih membara, berbisnis di usia muda juga memiliki waktu yang cukup untuk bisa meraih sukses.

Dan, impian tersebut berhasil diwujudkan oleh Triswendo dengan menjalankan bisnis kerajinan tangan sejak dirinya masih kuliah di semester tujuh.

Baca juga: Pemerintah Kota Cirebon Fasilitasi Pelaku UMKM Go Global ke Filipina

Triswendo merupakan pria berkelahiran tahun 1995 di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Ia membagikan tips bagi kamu generasi Z atau kaum rebahan untuk bisa sukses di dunia bisnis.

Hal ini disampaikan Triswendo saat ditemui Kompas.com pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 di ICE BSD, Tangerang pada Kamis (19/10/2023).

1. I Come This Not Only for this Far

I come this far not only for this far. Ini berarti kamu melakukan usaha sejauh ini bukan untuk sejauh ini doang, masih bisa lebih jauh lagi.

“Bisnis yang kita jalani seperti Rajokabu itu masih sangat muda, masih sangat banyak poin-poin yang yang kita rasakan, seperti kegagalan dan buah manis kesuksesan suatu usaha,” tuturnya.

Baca juga: Hingga Hari Kedua TEI 2023, UMKM Binaan Pertamina Bukukan Transaksi Rp7 Miliar

Pada intinya, sebagai generasi muda, kamu jangan cepat puas diri. Jangan pernah merasa cukup yang mengakibatkan stagnasi pada usaha yang kamu jalani.

2. Enjoy The Process

Triswendo memberikan tips kedua yaitu Enjoy the Process atau nikmati setiap proses di dalam menjalankan bisnis.

“Ini merupakan tips yang klasik banget ya? Tapi memang, secara harfiah memang benar-benar terpakai dalam dunia bisnis,” ujarnya.

Baca juga: Usaha Anda Butuh Pinjaman? Simak 6 Keuntungan Jadi Anggota Koperasi

3. Tetap Inovatif dan Cari Ide Terus

Buah dari tidak pernah merasa cukup menjadikan kamu untuk berpikir mencari ide-ide yang lebih inovatif dan lebih kreatif dalam menjalankan usaha.

Triwendo mengakui, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menangah (UMKM) di Indonesia sudah keren-keren dan bagus. Lebih bagus lagi generasi Z juga sekarang bisa memulai.

4. Punya Harapan dan Tujuan

Tujuan dan harapan di dalam bisnis dapat kamu jadikan sebagai motivasi pengingat tatkala kamu sedang jenuh, lelah, atau bosan dalam menjalankan usahamu.

Baca juga: Berbahan Kulit Buaya, Dhito Sukses Meraih Omzet Ratusan Juta Per Bulan

Bukan hanya itu, harapan dan tujuan ini bisa kamu jadikan bahan bakar untuk membakar semangat yang ada di dalam dirimu agar berusaha lebih keras lagi.

“Harapan saya kedepannya bisa goyang-goyang kaki sembari menerima duit,” guyon Triswendo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com