Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Sukses Kembangkan Bisnis Perhiasan hingga Bisa Go-International

Kompas.com - 30/10/2023, 12:14 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Peluang untuk membawa bisnis perhiasan melaju hingga ke kancah internasional semakin terbuka lebar. Meskipun memang tak semudah yang dibayangkan, namun dengan usaha keras dan strategi yang tepat hal tersebut sangat mungkin terjadi.

Apalagi, perhiasan sangatlah diminati berbagai kalangan, terutama perhiasan yang membawa nilai brand yang unik. Sifatnya pun juga universal, dapat digunakan oleh pria maupun wanita. Dengan dukungan kemajuan teknologi dan konektivitas global, ada peluang besar untuk meraih kesuksesan di kancah internasional.

Untuk dapat bersaing di pasar global, tentunya diperlukan strategi yang benar-benar matang dan penyesuaian terhadap perubahan tren serta kondisi pasar yang dinamis. Dirangkum dari Cermati.com, berikut ini beberapa kiat sukses bisnis perhiasan agar bisa go-internasional!

1. Menentukan Target Pasar

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memulai mengembangkan bisnis perhiasan adalah dengan menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis. Pertimbangkan secara cermat, kira-kira segmentasi pasar manakah yang ingin Anda targetkan?

Apakah kalangan sosialita, kalangan menengah ke bawah, muda-mudi atau dewasa, jenis kelamin, dan sebagainya. Dengan begitu, produk perhiasan yang dibuat beserta harga dan strategi promosinya akan bisa lebih sesuai.

Selain itu, mengingat sasarannya adalah konsumen secara internasional pahami juga preferensi budaya, gaya hidup, dan kebiasaan konsumen di berbagai negara. Tiap-tiap negara memiliki karakteristik konsumen yang berbeda, jadi target pasarnya harus disesuaikan.

2. Inovasi Sesuai Tren dan Perkembangan Kondisi Pasar

Sama seperti dunia fashion, tren dalam dunia perhiasan juga berubah dengan cepat. Oleh karena itu, untuk membuat bisnis perhiasan yang sukses diperlukan inovasi secara terus menerus. Selalu perbarui koleksi perhiasan dengan desain yang sedang trend dan up to date.

Meski begitu, jangan pernah hilangkan ciri khas merek perhiasan Anda sendiri agar produk tetap unik dan meningkatkan brand awareness. Perhatikan juga perkembangan pasar dan kebijakan perdagangan internasional yang dapat memengaruhi produksi dan distribusi perhiasan.

Anda juga bisa menjadi trend setter yang membawa tren baru dalam dunia perhiasan. Jadi, alih-alih meniru tren yang sudah ada, cobalah untuk menciptakan sesuatu yang baru. Hal ini memang sulit dan diperlukan kreativitas yang tinggi, tapi kalau berhasil dijamin brand akan semakin mendunia.

3. Gencar Melakukan Promosi Offline

Promosi offline tetap penting, terutama ketika baru memasuki pasar global. Menggelar acara promosi perhiasan, seperti pameran atau fashion show adalah cara terbaik untuk memperkenalkan produk secara langsung kepada calon pelanggan.

Untuk permulaan, cobalah untuk membuat acara gathering atau mini-party dan undang beberapa partisipan. Tak perlu mewah, lakukan saja secara sederhana, tetapi tetap bisa berdampak untuk industri perhiasan tersebut. Anda bisa mengundang keluarga, teman, maupun kolega bisnis.

Berikan penawaran harga khusus (harga promo lebih murah) di acara semacam ini. Pastikan jika acara yang dibuat bisa menguntungkan semua tamu undangan yang hadir. Agar mereka mau secara sukarela mengenalkan bisnis perhiasan Anda ke orang-orang terdekatnya.

4. Ikut Pameran

Selain menggelar acara sendiri, cobalah aktif menemukan event pameran perhiasan baik di dalam negeri maupun mancanegara. Menghadiri pameran perhiasan ini berguna untuk membangun networking dan meningkatkan eksposur merk, terutama jika Anda ingin membidik pasar luar negeri.

Pilih lokasi strategis dalam kegiatan pameran, dan buatlah stand dengan tampilan semenarik mungkin. Sediakan pula peralatan penunjang untuk kenyamanan pelanggan saat berada di pameran tersebut. Pamerkan semua koleksi perhiasan terbaik bisnis Anda miliki.

Mengikuti pameran bukan hanya bertujuan untuk menarik lebih banyak konsumen, tapi juga agar bisa lebih dekat dengan konsumen. Pastikan tim sales memberikan pelayanan terbaik selama pameran berlangsung. Karena ini bisa mempengaruhi tingkat penjualan dan loyalitas calon pelanggan.

Baca juga: 7 Manfaat Memiliki Tabungan Bisnis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com