Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuka Usaha Kursus Memasak, Bisa Dilakukan di Rumah

Kompas.com - 03/11/2023, 09:05 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Jika kamu hobi memasak dan memiliki keahlian di bidang ini, kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan. 

Bahkan, bila saat ini kamu seorang pekerja kantoran, kamu bisa memulai usaha kursus memasak dari rumah sesuai dengan waktu yang kamu punya.

Usaha kursus memasak tidak membutuhkan modal besar, kamu bisa memakai dapur rumah yang biasa digunakan atau menyediakan ruangan khusus dengan meja, kompor, dan peralatan masak lainnya jika jumlah peserta banyak.

Baca juga: 5 Tips Sukses Membangun Bisnis Gazebo yang Berpotensi Cuan

Untuk kamu yang berminat membuka jasa kursus memasak, berikut ini 5 tips membuka usaha kursus memasak, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pastikan Kemampuan di Atas Rata-rata

Sebelum membuka jasa kursus memasak, kamu harus memastikan bahwa dirimu memiliki kemampuan masak-memasak di atas rata-rata.

Kamu harus menguasai berbagai trik, seluk beluk membuat makanan, dan cara mengatasi masalah atau kendala yang terjadi saat proses memasak.

Bukan hanya itu, sebagai tutor, kamu harus menggali lebih dalam ide-ide kreatif memasak, jangan takut bereksperimen pada menu masakan, dan selalu mencoba segala macam resep.

Kamu bisa mengasah semua kemampuan dan keterampilan memasakmu melalui video di internet, buku, komunitas, atau bertanya pada orang yang lebih berpengalaman dibidangnya.

Baca juga: 7 Kiat Sukses Usaha Celengan dari Botol Plastik dan Kaleng Bekas

2. Beli Alat dan Bahan yang Terjangkau

Untuk awal usaha dengan modal terbatas, kamu bisa melakukan survei terlebih dulu dengan membandingkan harga alat dan bahan dari berbagai merek. Temukan harga yang paling terjangkau untuk kualitas yang baik.

Biasanya, harga alat dan bahan memasak di pasar swalayan jauh lebih tinggi dengan harga di toko-toko kecil. Kamu juga bisa menjadikan ini pertimbangan untuk memilih tempat belanja.

Baca juga: Cerita Pelaku UMKM Bisa Naik Omzet Lewat Pendanaan Fintech

3. Buat Paket Materi Khusus

Untuk menarik minat para peserta, kamu bisa membuat materi khusus berupa paket kursus dengan resep makanan yang kekinian dan populer.

Misalnya, paket memasak berbagai jenis puding atau paket memasak makanan western.

Selain itu, kamu juga bisa membuat jadwal dan kurikulum serta menyiapkan segala peralatan sebelum proses memasak dimulai.

4. Lakukan Pemasaran

Perkenalkan usaha kursus memasakmu dengan menyebarkan brosur atau poster dan memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp Business, Instagram, Facebook, TikTok, dan Twitter.

5. Terbuka Menerima Kritik dan Saran

Sebagai bahan evaluasi dan perbaikan usaha, sebagai pelaku usaha perlu mendengarkan kritik dan saran dari para peserta yang mengikuti kursusmu.

Dengan demikian, seiring berjalan waktu, usaha kursus memasak yang kamu bangun akan semakin baik ke depannya dan semakin terkenal.

Baca juga: Ketahui 3 Fitur WhatsApp Business yang Bermanfaat untuk Mengembangkan Usaha

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com