Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Bisnis untuk Jadi Beautypreneur

Kompas.com - 01/01/2024, 16:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Dari waktu ke waktu, tren kecantikan terus mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Hal ini membuat peluang bisnis kosmetik dan produk kecantikan menjadi sangat terbuka lebar. Ditambah lagi, minat pasar juga terbilang cukup tinggi.

Anda suka mengikuti tren terkini dan juga aware dengan produk-produk perawatan kecantikan? Jika iya, maka Anda punya kesempatan lebih meraup cuan sebagai beautypreneur. Bukan hanya sebagai pelaku bisnis, Anda juga bisa memberikan influence yang positif terhadap konsumen.

Tertarik menjadi beautypreneur sukses dan berjaya? Seperti dilansir dari Cermati.com, berikut ini ada lima ide bisnis kecantikan yang menarik untuk dicoba

1. Mengembangkan Produk Kecantikan dengan Brand Sendiri

Saat ini, kehadiran produk-produk perawatan kecantikan yang berkualitas sangat ditunggu-tunggu para konsumen. Apalagi produk kecantikan lokal pun juga punya kualitas tak kalah bagus dari brand besar mancanegara.

Ditambah lagi, produk lokal biasanya bisa lebih menyesuaikan soal formulasi dan harga jualnya dengan kondisi masyarakat Indonesia. Inilah mengapa, peluang memulai bisnis produk perawatan dan kecantikan dengan brand sendiri cukup potensial.

Jadi, jangan tunda-tunda niat memulai bisnis jika memang punya keahlian dan minat di bidang tersebut. Ada banyak jenis produk kecantikan yang bisa Anda pilih untuk dikembangkan. Seperti skincare, make up, hair care dan banyak lagi.

2. Spa Kecantikan

Ide bisnis selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dicoba agar bisa jadi beautypreneur sukses adalah spa kecantikan. Selain perawatan wajah dan makeup, perawatan tubuh juga banyak dicari. Terlebih bagi mereka yang penat dengan kehidupan kerja di yang melelahkan.

Merelaksasikan tubuh dengan melakukan perawatan di spa bisa jadi pilihan, agar tubuh dan pikiran tetap fresh. Untuk memulai bisnis ini Anda perlu menyiapkan modal yang cukup besar. Terutama untuk pengadaan alat dan fasilitas pendukung bisnis spa tersebut serta biaya kemitraan jika Anda memilih bisnis franchise.

Persaingan di bisnis spa nyatanya bukan hanya di lingkup pelayanan saja. Pasalnya, kualitas produk spa yang ditawarkan juga harus diperhatikan. Misalnya saja seperti produk lulur, masker hingga aroma terapi yang digunakan.

3. Klinik kecantikan

Selain spa, klinik kecantikan juga bisa jadi ide bisnis menjanjikan para beautypreneur. Saat ini banyak yang mulai aware dengan berbagai masalah kulit dan kecantikan, sehingga membuat eksistensi klinik kecantikan semakin kuat. Bukan hanya di ibukota Jakarta tapi juga sampai ke daerah pelosok.

Namun, perlu diingat bahwa klinik kecantikan membutuhkan biaya operasional yang tergolong tinggi. Ini karena bisnis ini bukan hanya memerlukan tempat yang lebih luas. Tapi juga mempersiapkan peralatan medis canggih yang dibutuhkan, hingga dukungan dokter spesialis yang berpengalaman.

Baca juga: Cara Buka Bisnis Salon Kecantikan

4. Jasa Makeup Profesional

Profesi sebagai seorang makeup artist atau MUA kini mulai menjamur. Apalagi bisnis ini ternyata sangat menjanjikan, karena bisa dijadikan sebagai bisnis utama atau sekedar sampingan.

Jasa makeup profesional bukan hanya dibutuhkan di acara pernikahan saja, lho. Tapi juga di berbagai acara lainnya, seperti wisuda, prewedding, photoshoot, karnaval budaya, dan beragam acara formal maupun informal lainnya.

Untuk menjadi seorang MUA profesional, Anda harus punya skill makeup mumpuni. Keahlian tersebut bisa diperoleh dengan belajar di lembaga pendidikan formal maupun secara otodidak atau belajar sendiri. Namun agar bisa lebih meyakinkan calon pelanggan, sertifikasi dari lembaga terpercaya tetap diperlukan.

Profesi ini memang sangat berkaitan dengan keterampilan, sehingga pelaku bisnis ini perlu selalu meng-upgrade skill. Selain itu, pastikan untuk mempersiapkan sejumlah kosmetik dari berbagai brand. Pasalnya setiap klien pasti memiliki kondisi kulit yang tidak sama.

5. Beauty Salon dan Barbershop

Ide bisnis untuk jadi beautypreneur yang cukup menguntungkan selanjutnya adalah beauty salon. Ada banyak jenis layanan jasa kecantikan yang bisa ditawarkan, seperti potong rambut, facial wajah, hair coloring, creambath, SPA hingga relaksasi.

Anda bisa menyesuaikan jenis layanan apa yang cocok dengan target audiens bisnis, termasuk soal harga. Bukan cuma bisnis beauty salon yang sangat cocok untuk kaum hawa, tapi Anda juga bisa mencoba bisnis barbershop.

Berbeda dengan salon kecantikan yang target marketnya mayoritas wanita, barbershop secara khusus ditujukan untuk kaum lelaki. Apalagi sekarang ini bukan cuma wanita saja yang ingin tampak memukau, pria pun juga tak jauh berbeda. Sehingga, peluang bisnis ini bisa sangat menjanjikan di masa mendatang.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com