Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Slogan Bikin Bisnis Kamu Lebih Ciamik, Pahami Cara Menyusunnya

Kompas.com - 23/02/2024, 10:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.comSlogan merupakan kalimat yang mudah diingat untuk menyampaikan informasi yang biasanya berisi kalimat ajakan untuk mempersuasi pembacanya.

Kamu pasti pernah melihat produk dan langsung teringat dengan slogannya. Slogan memang dibuat dengan kata yang mencolok.

Ciri-ciri slogan adalah terdiri dari beberapa kata yang menarik, bersifat mempengaruhi pembaca, dan dapat berupa motto atau semboyan.

Walaupun hanya kalimat singkat, namun slogan berguna untuk bisnis kamu. Sifat konsumen cenderung membeli produk yang sudah familiar di telinganya. Pastikan bisnis kamu punya slogan yang cukup menarik perhatian pembeli.

Berikut ini fungsi dari slogan seperti yang dilansir dari gramedia.com,

Fungsi Slogan

1. Memberi informasi

Pada dasarnya slogan membuat produk lebih dikenal di kalangan masyarakat. Oleh sebab itu slogan mengutamakan informasi seputar produk.

Melalui slogan, masyarakat dapat mengetahui apa kelebihan yang ditawarkan dari produk tersebut. Misalnya manfaat mengkonsumsi produk, keunikan yang tidak dimiliki produk lain, hingga kualitas dari produk itu sendiri.

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Dicermati Dalam Membuat Iklan, Pelaku UMKM Wajib Tahu

2. Mengubah sikap pembeli

Seperti yang kamu ketahui bahwa slogan merupakan kalimat persuasif. Slogan yang dibuat dengan eye catching dapat mengubah sikap pembacanya.

Kalimat tersebut memberikan sugesti untuk membeli produk. Dengan kata lain, slogan mengarahkan pembaca menjadi pembeli.

3. Sebagai pengingat

Kekuatan utama slogan adalah mudah diingat. Hal ini bertujuan agar masyarakat terus ingat untuk menggunakan produk tersebut.

Sama seperti iklan, slogan yang berkesan tentunya bisa mebuat konsumen tergerak untuk lebih memilih produk kamu.

Informasi yang ada di dalam slogan juga dapat mengingatkan konsumen bahwa produk kamu memiliki keunggulan dibandingkan dengan brand lain.

 Menyusun Slogan

Setelah mengetahui manfaatnya, kamu bisa segera membuat slogan untuk bisnis kamu. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat kamu membuat slogan

1. Singkat dan terbaca dengan cepat

Slogan tidak boleh terlalu panjang. Pilihlah kata yang bisa menjadi pemungkas. Kamu bisa utamakan informasi terbaik tentang produkmu.

Harapannya adalah masyarakat dapat membaca slogan produk meskipun dalam kondisi berjalan. Maksimalkan slogan meskipun dengan jumlah kata yang terbatas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com