Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri, Salah Satunya Tak Bekerja di Bawah Tekanan Atasan

Kompas.com - 22/03/2024, 17:03 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah menyelesaikan studi dan memperoleh gelar, banyak fresh graduate yang menghadapi pertanyaan besar. Apakah mereka akan mencari pekerjaan atau memulai bisnis mereka sendiri?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno sering mengatakan, bagi mahasiswa yang telah lulus lebih baik menjadi wirausaha. Tidak lagi mencari-cari pekerjaan di perusahaan orang, tapi membuka bisnis sendiri, agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Masalahnya, tak semua orang memiliki keberanian untuk membangun bisnis sendiri. Padahal, dengan membangun bisnis, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan.

Baca juga: Keuntungan Membuka Usaha Toko Bangunan, Calon Pebisnis Wajib Tahu!

Tyara Aulia Anjani, owner bakery Pawoonku di Semarang, Jawa Tengah, membagikan pengalamannya fokus membangun bisnis setelah lulus dari Universitas Diponegoro.

Berbeda dengan kebanyakan fresh graduate yang berlomba-lomba mencari pekerjaan, Tyara justru tidak terlalu berminat untuk bekerja kantoran.

Tyara mengungkap, ada beberapa keuntungan membangun bisnis sendiri;

1. Langsung Menjadi Bos

Jika bekerja di perusahaan orang, Anda akan menjadi bawahan. Untuk naik jabatan, Anda harus merintis dan merangkak melalui berbagai proses untuk naik ke jabatan yang lebih tinggi.

Seringkali, hal itu membutuhkan waktu bertahun-tahun. Sementara, jika Anda membangun bisnis sendiri, Anda bisa langsung menjadi bos.

Tyara mengaku, dengan menjalankan usahanya sendiri, Ia tidak harus menuruti perkataan orang yang ada di atasnya. Ia juga tidak akan terkena omelan atau sanksi, jika tidak menuruti atasan.

Sebagai pemilik usaha, Ia memiliki kendali penuh atas semua aspek operasional, dapat mengatur jadwal sendiri, membuat keputusan, hingga mengelola tim sesuai dengan visi dan nilai-nilainya. Hal ini diyakini Tyara, dapat membantunya berkembang secara personal.

2. Keuntungan Maksimal untuk Diri Sendiri

Jika bekerja di perusahaan orang lain, kita memang akan mendapatkan gaji. Namun, jika kita membuka usaha sendiri, peluang mendapatkan penghasilan yang lebih besar terbuka lebar.

"Jika bekerja di perusahaan orang lain, sebenarnya Anda telah memberikan lebih banyak uang kepada atasan dan perusahaan tempat Anda bekerja. Hal itu dibayarkan melalui skill, waktu, dan tenaga yang telah Anda habiskan," jelas perempuan yang telah menjalankan bisnis bakery selama empat tahun ini.

Banyak orang mungkin belum menyadari, dengan membangun bisnis sendiri, Anda dapat meraup keuntungan lebih banyak untuk diri Anda sendiri.

Baca juga: Tertarik Membangun Usaha Sendiri? Ketahui 5 Keuntungan Wirausaha

3. Lebih Menikmati Pekerjaan

Tyara memutuskan terjun ke dunia bisnis karena sebenarnya ia menyukai memasak, atau lebih tepatnya baking.

Menurut Tyara, membuka bisnis ini sangat menyenangkan, karena sembari menghasilkan uang, ia juga bisa melakukan hobinya setiap hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com