Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Engagement di Media Sosial, Pelaku Usaha Wajib Tahu!

Kompas.com - 29/03/2024, 12:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial biasa dijadikan sebagai sarana promosi produk bisnis yang ditawarkan. Platform ini dipilih karena memiliki jumlah audiens yang banyak sehingga produk akan mudah dikenal banyak orang. 

Penggunaan media sosial untuk bisnis bisa dilakukan dengan cara membangun branding melalui profil akun, menggunakan sistem endorsement, dan pembuatan konten-konten yang menarik. 

Meski demikian, strategi marketing melalui media sosial tidak cukup hanya melalui branding produk, endorsement, ataupun konten, melainkan juga harus meningkatkan engagement di media sosial. 

Baca juga: 3 Tips Meningkatkan Engagement Media Sosial untuk Bisnis

Engagement tersebut penting agar konten dan produk milikmu bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Selain itu, juga ada manfaat lain dari meningkatkan engagement yang perlu kamu tahu.

Kamu bisa simak dari artikel berikut yang telah dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber. 

1. Mendapatkan Konsumen yang Loyal

Meningkatkan engagement di media sosial nantinya dapat memunculkan konsumen yang loyal dengan produk kamu. Artinya, mereka akan selalu mengikuti update terbaru dari produk kamu atau menjadi pelanggan tetap. 

Baca juga: 6 Manfaat Media Sosial bagi UMKM Anda

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui karakter dari konsumen kamu. Bisa dilihat dari cara mereka merespons konten kamu atau saat mereka memberi saran terkait produk kamu. Supaya lebih dekat dengan konsumen, kamu pun bisa menanggapi balik respons mereka. 

Tanggapan yang baik akan membuat bisnis kamu memiliki reputasi baik pula di mata para konsumen. Mereka pun juga akan menjadi lebih loyal pada bisnismu karena reputasi tersebut.

2. Meningkatkan Penjualan

Semakin banyak engagement media sosial yang kamu dapat, memungkinkan produkmu akan terjual lebih banyak. Apalagi jika produkmu memang sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Baca juga: 6 Cara Mandiri Mengelola Media Sosial Bisnis tapi Tetap Profesional

Kamu bisa meningkatkan engagement untuk penjualan produk dengan membuat konten terkait kelebihan produkmu. Buatlah konten yang menarik dan mengikuti tren yang sedang digandrungi banyak orang. 

3. Mudah Terdeteksi Search Engine

Ketika kamu meningkatkan engagement di media sosial, nantinya bisnis kamu akan mudah terdeteksi oleh search engine seperti Google. Jadi, ketika seseorang mencari tahu mengenai bisnismu, maka search engine akan memberikan banyak informasi. 

Hal ini juga menguntungkan karena dapat memperluas informasi bisnismu pada banyak orang. Siapa tahu dari banyaknya informasi bisnismu dalam search engine akan mampu meningkatkan penjualan sehingga bisnismu semakin berkembang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com