Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Kelebihan dan Kekurangan dalam Bisnis Kerajinan Bunga Kering

Kompas.com - 05/04/2024, 14:16 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum memulai bisnis di bidang yang diinginkan, perlu untuk melihat kelebihan dan kekurangan bidang usaha tersebut. Hal ini bisa dijadikan acuan untuk merancang strategi dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam usaha. 

Tentu setiap bidang usaha memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung cara seorang pebisnis dalam mempertimbangkan risiko yang diambil. 

Sama halnya dengan bisnis lainnya, kerajinan bunga kering juga memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Hal ini dirasakan oleh Korona Sulin atau Koro (32), salah satu pemilik usaha kerajinan bunga kering Stellar Coronae. 

Baca juga: Cara Owner Stellar Coronae Kembali Membangun Semangat Berbisnis

Menurut Koro, ada beberapa kekurangan dan kelebihan bisnis kerajinan bunga kering yang bisa kamu simak melalui artikel berikut ini. 

Kelebihan Bisnis Kerajinan Bunga Kering

Menurut Koro, bisnis kerajinan bunga kering memiliki suatu kelebihan, yaitu bunga kering dapat bersifat tahan lama sehingga bisa dipakai berulang kali.

"Beda ya sama bunga asli yang 7 hari sudah mati, kalau bunga kering itu bukan yang sekali jadi lalu buang gitu," lanjut Koro. 

Baca juga: Cara Pertahankan Bisnis Kerajinan Bunga Kering Biar Tetap Cuan

Lebih lanjut, Koro mengatakan bahwa bunga kering bisa digunakan untuk pemakaian jangka panjang. Bahkan dari 3 hingga 5 tahun lamanya. 

"Bunga kering itu bisa tahan 3 sampai 5 tahun, tergantung perawatannya juga," ucapnya. 

Kekurangan Bisnis Kerajinan Bunga Kering

Koro mengatakan bahwa kekurangan bisnis kerajinan bunga kering terletak pada cara penyimpanannya yang tidak bisa sembarangan. Jadi harus berhati-hati menyimpan bunga kering agar tidak rusak. 

Baca juga: Kenali Kelebihan dan Kekurangan Bangun Bisnis yang Lagi Tren

"Bunga kering itu harus disimpan di tempat yang jauh dari lembap. Soalnya bunga kering itu gampang jamuran," jelas lulusan arsitektur tersebut. 

Oleh karena itu, Koro menyarankan untuk mengurangi kelembapan ruang penyimpanan bunga kering dengan alat dehumidifier. Dengan menggunakan alat ini, kelembapan ruangan dapat terkontrol sehingga bunga kering tidak jamuran. 

"Ruangan buat penyimpanan bunga kering, kelembapannya harus di bawah 30 persen. Nanti bisa kelihatan di dehumidifiernya," lanjut Koro. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com