Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin Sebut Digitalisasi Buka Peluang Baru dalam Bisnis

Kompas.com - 25/04/2024, 20:40 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong digitalisasi bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan bisnis mereka, mulai dari promosi hingga penjualan.

"Kadin terlibat juga ke sana bagaimana supaya UMKM kita ini tidak lagi melakukan penjualan, melakukan promosi itu tidak lagi menggunakan teknologi yang lama tetapi sudah memasuki pasar digital," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang di Jakarta, Kamis seperti dilansir dari Antara.

Sarman mengatakan, digitalisasi berperan dalam membuka peluang baru yang dapat mengubah banyak aspek kehidupan, terutama di negara berkembang seperti Indonesia.

Salah satunya adalah target Kementerian Koperasi dan UKM untuk menjadikan sekitar 30 juta UMKM masuk ke ranah digital pada tahun 2025.

Kadin, kata Sarman, aktif terlibat dalam mempromosikan transisi UMKM dari metode penjualan dan promosi yang konvensional ke pasar digital.

Baca juga: UMKM Harus Tahu Manfaat Digitalisasi Operasional Bisnis

Hal ini dinilainya tidak hanya memudahkan akses pasar bagi UMKM, melainkan juga menarik minat generasi muda untuk terlibat dalam bisnis dengan cara yang lebih modern.

"Ini juga memiliki suatu daya tarik kepada anak muda kita sehingga mereka tidak lagi pusing untuk melakukan promosi dengan berbagai sarana dan prasarana digital ini sudah bisa menjangkau masyarakat luas," tambah Sarman.

Selain itu, lanjut Sarman, Kadin juga berkolaborasi dengan berbagai industri untuk meningkatkan keterampilan digital para pekerja.

KADIN juga berusaha memperkuat ekonomi digital dengan fokus pada peningkatan pengetahuan UMKM melalui pelatihan digitalisasi dan pembangunan platform informasi digital.

Baca juga: Dorong UMKM Tingkatkan Pemasaran Produk, Dekranasda Sumut Gelar Pelatihan Digitalisasi Promosi

Adapun dalam upaya mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, Kadin telah menyampaikan peta jalan kepada Presiden Joko Widodo yang salah satunya menyoroti pentingnya pengembangan infrastruktur digital.

Sarman mengatakan dengan pembangunan infrastruktur digital yang luas, Kadin berharap hal tersebut dapat memastikan akses internet cepat dan terjangkau di seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah-daerah terpencil.

"Kita tahu bahwa hampir 60 juta UMKM kita ini ada di seluruh Indonesia dan itu ada di daerah-daerah dan kita ingin agar mereka juga melek teknologi dalam berbagai aspek. Kita berharap bahwa UMKM kita ini dengan menguasai teknologi mereka juga bisa naik kelas dari mikro ke kecil, kecil ke menengah, dan tentu kita harapkan dari menengah bisa ke besar," pungkas Sarman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com