Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ide Bahan Baku Bisnis Souvenir yang Murah dan Ramah Lingkungan

Kompas.com - 25/05/2024, 19:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memulai bisnis souvenir bisa menjadi bisnis yang memiliki peluang tinggi dan menjanjikan. Namun, untuk menciptakan keuntungan yang maksimal, kamu bisa menggunakan bahan baku yang tak terpakai lagi sehingga ramah lingkungan atau cukup membeli yang murah.

Baca juga: Di Tangan Argo dan Vera, 3 Sampah Tak Terpakai ini jadi Cuan

Heiriyah (62) merupakan pemilik bisnis souvenir bernama Trois Art. Ia menggunakan bahan-bahan yang sangat murah untuk dijadikan sebuah souvenir yang bernilai jual tinggi, karena ia menambahkan sentuhan lukisan serta sulaman pada produk-produk Trois Art.

Berikut beberapa bahan baku yang Ria gunakan, yang dapat kamu jadikan inspirasi untuk memulai bisnis souvenir:

1. Karung Goni

Bahan baku utama Trois Art adalah karung goni. Di tangan Ria, karung goni dapat ia ciptakan menjadi pouch, tas, taplak meja, dan masih banyak lagi.

Biasanya Ria memintanya kepada distributor beras. Namun karena beras saat ini sudah menggunakan karung yang berupa plastik, maka Ria terpaksa harus membelinya. 

Meskipun harus membelinya, Ria mengaku tak membutuhkan banyak biaya yang keluar. Jadi masih terbilang sangat murah.

2. Tampah Bambu

Kamu bisa memberikan sentuhan lukisan atau bahkan sulaman untuk menjadikan tampah bambu sebagai pajangan dinding yang indah. Dengan media tampah bambu, kamu bebas mencurahkan kreativitas di situ.

Alternatif lain, kamu bisa memintanya saja, karena orang biasanya tak memakai tampah bambu lagi. Namun dengan membeli tampah bambu, kamu juga bisa sekalian menyejahterakan perajinnya. 

3. Sisa Kain (Perca) 

Kain perca adalah sisa-sisa kain yang tidak terpakai, biasanya bekas produksi pakaian. Saat ini, Ria merambah menggunakan kain etnik NTT, yaitu kain ikat untuk dijadikan tas.

Baca juga: 3 Ide dan Inspirasi Desain Trisada untuk Bisnis Tangankoe

Sisa karung goni ataupun sisa kain ikat tak dibiarkan Ria menganggur atay terbuang begitu saja. Ria menggunakannya untuk tambahan souvenir lain, yaitu untuk membuat bunga-bunga. 

Jika memulainya dari 0, kamu bisa tinggal memintanya dari penjahit secara gratis. Kamu bisa menggunakannya ntuk membuat berbagai produk seperti dompet kecil, tas, pouch, atau hiasan dinding. 

Kain perca tidak hanya murah tetapi juga ramah lingkungan karena memanfaatkan bahan sisa. Jadi kamu bisa sekalian mengurangi limbah.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com