Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berencana Buat Website Bisnis? Pahami Ini agar Tampilan Menarik

Kompas.com - 04/06/2024, 13:54 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk memudahkan branding atau pengenalan bisnis ke publik, pengusaha kerap memanfaatkan website yang didalamnya berisi profil bisnis, informasi produk terbaru, diskon yang sedang berlaku, dan sebagainya. 

Dalam praktiknya, masih sering ditemukan website bisnis yang justru tidak membuat nyaman pengunjungnya. Apalagi jika ada pembeli baru yang ingin mengulik suatu bisnis lebih lanjut dan ingin mencari informasi soal produknya. 

Biasanya, para pengunjung website merasa tidak nyaman jika situs website tersebut memiliki warna yang terlalu mencolok dan tidak terorganisir. Sebab, mereka akan kesulitan mencari informasi dan merasa warna website membuar mata tidak nyaman. 

Baca juga: Pakai Desain Minimalis untuk Website Bisnis? Ini 4 Keuntungannya

Oleh karenan itu, kamu perlu mengetahui ciri-ciri website bisnis yang baik dan menarik bagi para pengunjung. Simak topik tersebut melalui artikel berikut yang telah dilansir dari business.com

Dapat Digunakan dalam Semua Device

Ciri website desain yang akan nyaman digunakan pengunjung tentu harus dapat digunakan dalam semua device. Artinya, website bisnismu tidak hanya bisa dibuka dalam laptop, tetapi juga device lain seperti ponsel dan tablet. 

Selain itu, pastikan website-mu tidak lemot ketika dibuka dalam device yang lain. Kamu harus memastikan performa website benar-benar lancar dalam semua device. Hal ini juga bisa memengaruhi reputasi bisnismu di mata konsumen nantinya. 

Baca juga: 5 Cara Menaikkan Traffic Website Usaha Anda

Jika ternyata website bisnismu tidak memiliki performa yang baik, bisnismu akan dicap tidak totalitas dan terkesan tidak niat dalam membuat website. Maka dari itu, kamu harus benar-benar memperhatikan performa dari website

Tidak Ada Kesalahan Informasi dan Salah Ketik

Informasi dalam website adalah aspek utama yang dicari oleh konsumen. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memperhatikan informasi dan teks yang ada dalam website. Sebelum diunggah, pastikan tidak ada kesalahan informasi dan salah ketik atau typo

Supaya informasi seputar bisnismu dapat diterima dengan baik oleh konsumen, gunakanlah bahasa yang mudah dipahami. Jangan gunakan bahasa yang terlalu teknis dengan istilah yang tidak umum. 

Baca juga: Pentingnya Website untuk UMKM, Smesco: Tak Ada Potongan dari Marketplace

Tidak Terlalu Banyak Ilustrasi

Ilustrasi berupa gambar atau foto yang kamu gunakan sebenarnya bertujuan untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu, ilustrasi bermanfaat agar konsumen tidak merasa bosan ketika menyimak informasi.

Meski demikian, ilustrasi yang ditambahkan jangan terlalu berlebihan. Tambahkan ilustrasi seperlunya saja sesuai dengan konteks informasi yang disajikan. Misalnya jika kamu menulis tentang produk terbaru, gunakan ilustrasi produk dan detail yang perlu diketahui konsumen.

Memiliki Tampilan yang Rapi dan Terorganisir

Terakhir, yang harus kamu perhatikan adalah kerapian dari website bisnismu. Website yang rapi dan terorganisir akan memudahkan konsumen ketika mencari informasi yang dibutuhkan. 

Baca juga: Cara Menggunakan Website untuk Bisnis, Apa Saja?

Cobalah kamu membuat tampilan website yang mengelompokkan satu topik yang sama dan membuat kolom untuk topik-topik yang lain. Buatlah kolom topik tersebut pada heading website agar mudah ditemukan oleh konsumen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com