Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menaikkan Traffic Website Usaha Anda

Kompas.com - 07/03/2024, 09:07 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah terus berkembangnya dunia digital, sebuah usaha juga perlu memiliki publikasi secara digital, contohnya melalui website.

Memiliki sebuah website yang ramai pengunjung, menjadi salah satu faktor penunjang kesuksesan bagi sebuah bisnis. Pasalnya, semakin banyak pengunjung yang mengunjungi website Anda, semakin besar pula peluang untuk meningkatkan penjualan dan eksposur merek bisnis Anda.

Baca juga: 5 Manfaat Menggunakan Website untuk Bisnis bagi Pelaku UMKM

Namun, adanya konten short video di media sosial, telah membuat website lebih sulit untuk menonjol dalam puncak hasil pencarian Google.

Untuk mengatasinya, Anda tentu perlu menaikkan traffic website. 

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan traffic ke website Anda. Mulai dari performa yang cepat hingga pembersihan konten, karena ada banyak variabel yang dapat memengaruhi traffic situs Anda.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic website usaha Anda.

1. Implementasikan SEO

Setiap orang akan mencari yang mereka inginkan di Google dan Google akan menampilkan rujukan di internet. 

Meningkatkan traffic website Anda di halaman hasil pencarian Google adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan traffic organik.

Anda dapat mengimplementasikan dan mengoptimasikan search engine optimization (SEO), dengan membuat konten yang relevan dan berkualitas, menggunakan kata kunci yang tepat, memperbaiki struktur URL, serta meningkatkan kecepatan loading website.

2. Prioritaskan Keamanan Web

Menghadirkan situs yang aman dan berkinerja tinggi, merupakan hal yang sangat penting bagi kesuksesan setiap website. Hal tersebut memiliki arti, bahwa situs menggunakan teknologi yang andal.

Anda mungkin sering mendengar, tentang pelanggaran keamanan yang berdampak pada ribuan situs karena opsi CMS sumber terbuka seperti WordPress selalu rentan terhadap ancaman keamanan.

Ancaman keamanan yang disebabkan oleh plugin, dapat membahayakan ratusan ribu situs.

Untuk memastikan data Anda terlindungi, carilah platform penerbitan yang menawarkan dukungan 24/7 dan transparan tentang cara mereka melindungi jaringan situsnya.

Baca juga: Tips dan Cara Membuat Website Bisnis agar Banyak Dilirik Calon Pembeli

3. Buatlah Konten Evergreen yang Berkualitas

Meningkatkan traffic pada situs web Anda, bukan hanya tentang mendapatkan audiens maksimum untuk konten Anda. Ini juga tentang menjaga pertumbuhan tersebut terus berlanjut seiring berjalannya waktu.

Itulah mengapa konten evergreen (timeless) yang berkualitas, harus dimiliki oleh situs web mana pun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com