Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Desain Minimalis untuk Website Bisnis? Ini 4 Keuntungannya

Kompas.com - 03/06/2024, 08:30 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai sarana branding, para pengusaha biasa membuat website khusus mengenai profil bisnisnya. Dalam website tersebut juga bisa ditambahkan produk-produk yang telah diluncurkan serta rentang harganya, sehingga informasi yang diperoleh konsumen menjadi lebih valid.

Desain dari website bisnis juga bermacam- macam. Mulai dari penggunaan warna yang menjadi ciri khas brand hingga desain yang minimalis. Desain website yang minimalis biasanya terdiri dari sedikit warna yang digunakan dan tidak terlalu banyak menggunakan elemen tambahan. 

Bagi kamu pengusaha yang kurang suka dengan desain yang "ramai", kamu bisa memilih desain website yang minimalis. Menggunakan desain yang minimalis juga memiliki keuntungan tersendiri. Jika kamu penasaran, mari simak artikel berikut yang telah dilansir dari entrepreneur.com.

Baca juga: 5 Cara Menaikkan Traffic Website Usaha Anda

Loading Website yang Lebih Cepat

Keuntungan pertama dari desain website minimalis yaitu membuat proses loading menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan tidak terlalu banyak warna dan minim penggunaan elemen website. Jadi, sistem tidak akan bekerja terlalu berat untuk memuat informasi website milikmu.

Loading website yang lebih cepat akan membuat konsumen merasa nyaman saat mengunjungi website-mu. Mereka pun akan mengapresiasi bisnismu karena telah totalitas dalam membuat website

Baca juga: 5 Manfaat Menggunakan Website untuk Bisnis bagi Pelaku UMKM

Meningkatkan Engagement Pengunjung Website

Kenyamanan mengakses informasi dalam website akan membawa dampak yang lebih besar. Salah satunya yaitu peningkatan engagement pengunjung dalam website-mu. Mereka akan tidak segan untuk mengakses website-mu berulang kali karena kenyamanan tersebut.

Kenaikan engagement ini secara tidak langsung meningkatkan branding bisnismu di hadapan konsumen. Selain itu, konsumen yang sudah mengunjungi website-mu mungkin juga akan merekomendasikan pada orang-orang terdekatnya. 

Lebih lanjut, produkmu juga akan mengalami kenaikan penjualan. Jadi, jangan remehkan kekuatan desain minimalis dalam website untuk perkembangan bisnismu nantinya.

Baca juga: 6 Tips Sukses Membuka Jasa Pembuatan Website bagi Pelaku Usaha Pemula

Membuat Konsumen Fokus dengan Informasi yang Tersedia

Desain yang minimalis biasanya tidak menggunakan terlalu banyak fitur dan elemen. Oleh karena itu, konsumen menjadi lebih terfokus pada informasi dari website tanpa adanya distraksi. Penerimaan informasi oleh konsumen pun menjadi lebih maksimal. 

Informasi yang maksimal akan membuat konsumen merasa puas dan terbantu. Konsumen pun akan merujuk pada informasi dari website-mu saat hendak mencari tahu tentang produk, profil, atau diskon. Hal ini juga menandakan adanya kepercayaan dari konsumen terhadap bisnismu.

Mudah Diakses Dimanapun

Berbeda dengan website yang menggunakan terlalu banyak fitur dan elemen, desain minimalis lebih mudah untuk diakses dimanapun. Artinya, gadget apapun akan mudah untuk memuat informasi dari website tanpa adanya kendala teknis. 

Baca juga: Cara Efektif Menarik Pelanggan ke Website Kita, Apa Saja?

Selain itu, desain minimalis juga bisa menyesuaikan tampilannya dengan gadget yang kamu gunakan. Apabila kamu menggunakan smartphone, maka tampilannya akan menyesuaikan ukuran smartphone. Begitupula dengan laptop, tab, dan sebagainya. 

Kemudahan ini akan membuat konsumen merasa tidak direpotkan. Mereka tidak harus membuka laptop untuk mengakses website secara lebih maksimal. Sebab, penggunaan yang maksimal juga bisa dilakukan melalui gadget yang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com