Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Bergabung dengan Bisnis Franchise, Bisa Jadi Pilihan untuk Pemula

Kompas.com - 11/05/2024, 09:05 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika kamu ingin menjalankan bisnis, tapi bingung bagaimana memulainya dari nol, bergabung dengan bisnis franchise bisa jadi pilihan.

Apalagi saat ini banyak merek ternama dari berbagai industri bisnis, yang menyediakan bermacam paket franchise, sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan minat dan budget yang kamu miliki.

Selain itu, ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menjadi mitra franchise atau franchisee.

Setidaknya ada tiga keuntungan bergabung sebagai mitra franchise, seperti yang telah dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Baca juga: 4 Solusi Mengatasi Masalah Saat Menjalankan Usaha Franchise

1. Minim Risiko

Keuntungan bergabung dengan franchise, yaitu minimnya risiko. Alasannya, kontrol dari kualitas bahan baku dipegang oleh pusat brand. Jadi, kamu hanya mempromosikan dan memasarkan produk. 

Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir dengan kualitas produk yang kamu jual kembali. Dengan memilih brand yang tepat, pasti produk yang kamu jual sudah terjamin kualitasnya. 

Jadi, pastikan kamu memilih brand yang memang reputasinya sudah baik dalam soal pemantauan kualitas. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Ingin Memulai Usaha Franchise

2. Bebas Memilih Lokasi Penjualan

Jika kamu bergabung dengan franchise dari suatu brand, kamu juga bebas memilih lokasi penjualan. Kamu bisa sesuaikan dengan target pasar dan lokasi yang strategis di sekitar daerahmu. 

Pemilihan lokasi juga perlu mempertimbangkan biaya, contohnya biaya sewa ruko atau gerobak. Maka pilihlah lokasi yang sesuai dengan budget kamu. 

Meski demikian, tidak semua brand memberi kebebasan dalam lokasi penjualan. Jadi, perhatikan lebih dulu persyaratan franchise yang diterbitkan oleh brand tersebut. Pastikan sesuai dengan rencanamu.

Baca juga: 3 Tips Penting untuk Membangun dan Mendapatkan Mitra Bisnis Franchise

3. Promosi Dilakukan oleh Pusat Brand

Bergabung dengan brand yang sudah terkenal namanya, maka kamu tidak perlu mengkhawatirkan soal promosi. Sebab, umumnya brand tersebut sudah memiliki strategi promosi yang baik. 

Kehadiran cabang franchise milikmu juga bisa dipromosikan oleh mereka. Namun, kamu juga bisa mempromosikan sendiri melalui media sosial kamu. 

Dengan dibantu strategi promosi dari brand, orang-orang akan mendapatkan informasi tentang cabang franchise yang sudah kamu buka. Jadi, kamu tidak perlu memikirkan strategi promosi yang terlalu rumit. 

Baca juga: Belum Punya Ide Bisnis? Coba Intip Paket Franchise Tahu Jeletot Taisi Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com