Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman Hias hingga Minuman Kesehatan, Ini Ide Usaha Modal Lidah Buaya

Kompas.com - 09/06/2024, 12:40 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Lidah buaya termasuk tanaman yang punya banyak sekali manfaat, tak hanya untuk kesehatan kulit dan rambut tapi juga punya nilai estetik.

Hal ini karena tanaman ini bisa juga digunakan untuk mempercantik tampilan dan suasana rumah. Bahkan, ada pula yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan untuk membuat makanan.

Hal ini membuat lidah buaya jadi salah satu tanaman yang punya nilai ekonomis cukup tinggi. Bagi yang ingin memulai bisnis, tanaman ini sangat cocok untuk dikembangkan jadi beragam jenis usaha yang menarik. Proses produksinya pun bisa dilakukan secara mandiri atau menjalin kerjasama dengan pelaku usaha lainnya.

Apalagi lidah buaya termasuk tanaman yang bisa diolah menjadi berbagai macam produk, mulai dari makanan, minuman hingga kosmetik. Tentunya hal ini akan semakin membuka peluang menjadi lebih terbuka lebar.

Tertarik untuk mencoba bisnis dengan modal lidah buaya? Yuk simak rangkuman ide produk dari bahan lidah buaya dilansir dari Cermati.com berikut ini:

1. Produk Hair Care

Lidah buaya punya banyak manfaat, salah satunya adalah untuk merawat kesehatan rambut. Hal ini karena lidah buaya mengandung vitamin E yang baik untuk menutrisi rambut dan kulit kepala. Selain itu, lidah buaya juga efektif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut hingga mencegah kerontokan.

Tentunya hal ini bisa jadi ide yang menarik untuk membuat produk hair care dari lidah buaya. Apalagi produk hair care yang bisa dihasilkan juga sangatlah beragam, mulai dari sampo, masker rambut, kondisioner, dan banyak lagi. Jangan lupa perhatikan kemasan produknya, buat dengan visual yang menarik dan pastikan sudah terdaftar di BPOM.

2. Skincare

Produk selanjutnya yang bisa dibuat dari bahan lidah buaya adalah skincare atau produk perawatan untuk wajah. Selain untuk merawat rambut dan kulit kepala, sudah sejak lama lidah buaya juga dikenal sebagai bahan alami yang ampuh untuk perawatan kulit wajah.

Biasanya, gel atau bagian daging dari lidah buaya yang digunakan untuk melembabkan wajah dan menutrisi kulit secara alami. Tak hanya itu, gel lidah buaya bahkan mampu merawat kulit yang mengalami peradangan akibat jerawat, luka bakar dan sebagainya.

Hal ini bisa jadi sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan, terlebih jika Anda bisa membuat produk skincare sendiri. Produk skincare yang bisa dibuat dari lidah buaya pun cukup beragam jenisnya, mulai dari pelembab wajah, masker wajah, dan lain sebagainya.

3. Minuman Teh Lidah Buaya

Mungkin banyak yang belum tahu jika lidah buaya juga bisa diolah menjadi minuman teh yang tak kalah enak dari teh pada umumnya. Selain rasa yang lebih segar, ternyata teh lidah buaya juga punya khasiat yang menyehatkan. Hal ini karena lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, mengandung antioksidan dan kaya akan vitamin C.

Inilah mengapa produk minuman dari bahan lidah bisa jadi ide bisnis yang menarik untuk coba dikembangkan. Sama seperti proses pembuatan teh pada umumnya, teh lidah buaya juga diproses dengan mengeringkan bagian daunnya yang berdaging tebal. Kemudian daun yang sudah mengering sempurna bisa diseduh seperti teh dan dikonsumsi.

4. Jus Lidah Buaya

Selain bisa diolah menjadi teh, ternyata lidah buaya juga bisa dibuat menjadi produk minuman lainnya yang tak kalah menarik dikomersialkan. Misalnya dengan membuatnya menjadi smoothies atau jus segar yang juga menyehatkan.

Cara membuat jus lidah buaya ini pun juga terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan lidah buaya yang masih segar. Kemudian bersihkan kulitnya dan ambil gelnya lalu diblender hingga halus dan saring. Agar rasa jus lidah buaya lebih bervariasi, Anda bisa berkreasi dengan menambahkan perasan jeruk nipis, madu atau buah-buahan segar lainnya.

Baca juga: Mau Sukses Ubah Hobi Tanaman Hias Jadi Duit, Perhatikan 7 Cara Manjur Ini

5. Jual Bibit Lidah Buaya

Jika Anda punya ilmu di bidang pertanian terutama terkait dengan budidaya lidah buaya, maka ini bisa jadi ide bisnis yang cukup menarik. Apalagi belum banyak yang memulai bisnis pembibitan lidah buaya, sehingga peluangnya masih sangat terbuka lebar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com