Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Mau Bisnis Catering, Simak Tahapan Ini Biar Sukses

Kompas.com - 19/01/2022, 14:43 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Yang punya hobi memasak, tidak ada salahnya mencoba membuka bisnis catering. Bisnis ini punya pasar yang cukup besar, dan terbuka bagi siapapun yang ingin masuk.

Meski pasar terbuka lebar, pebisnis katering tetap dituntut untuk jeli dan benar-benar melakukan perhitungan bisnis. Tanpa strategi yang tepat, akan sangat mungkin pelaku bisnis ini mengalami kegagalan.

Untuk itu, ada sejumlah hal yang musti diperhatikan bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan di bisnis catering ini.

Baca juga: Foto Produk yang Ciamik Bisa Bantu Penjualan, Ini Tipsnya

1. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar sangat penting untuk mengetahui pasar yang paling dekat untuk digarap, apakah katering untuk kantoran, sekolah, rumah tangga, ataukah catering untuk acara-acara tertentu semisal gathering, seminar, diskusi, dan sebagainya.

Dengan melakukan riset pasar, akan diketahui target market kamu, serta permodalan yang kamu butuhkan.

2. Hitung Permodalan

Setelah mengetahui potensi pasar, kamu perlu menghitung permodalan, apakah cukup untuk menjalankan usaha catering. Pasalnya, catering untuk kantoran dengan rumahan pastinya membutuhkan modal yang berbeda. 

3. Mancari Pasokan Bahan Makanan

Kamu perlu memikirkan bagaimana memenuhi bahan baku yang dibutuhkan.

Usahakan mencari pasokan bahan baku dengan harga yang murah, seperti dari pasar induk di daerah. Lebih baik lagi kamu bisa langsung mengakses produsen atau petani sehingga biaya untuk bahan baku bisa jauh lebih murah.

4. Rekrut Karyawan yang Paham Dunia Dapur

Jika kamu memasak sehari-hari bisa dilakukan sendiri, kali ini kamu harus berpikir bahwa ini adalah bisnis. Kamu harus mencari orang yang bisa membantu sepenuhnya usaha catering yang kamu jalankan, agar bisa berjalan konsisten.

Baca juga: Cara Memilih Lokasi bagi Kamu yang Ingin Bisnis Kuliner

5. Kualitas Makanan

Jaga agar kualitas makanmu konsisten hari ke hari. Pasalnya, banyak katering yang awalnya menyediakan makanan dengan kualitas baik, kemudian mengalami penurunan setelah berjalan beberapa saat.

6. Promosi

Lakukan pendekatan kepada calon konsumen yang prospektif. Bisa lewat WA, hingga brosur. Dengan cara ini, calon konsumen akan tahu bahwa kamu menyediakan jasa catering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com