Ikuti Program Inkubasi, Koperasi Ponpes Ini Berhasil jadi Pemasok di Pasar Modern

Kompas.com - 27/05/2022, 16:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah koperasi pondok pesantren (Kopontren) di wilayah Solo dan Yogyakarta mengkuti program inkubasi Alif learning center (ALEC).

ALEC sendiri merupakan program inkubasi yang dilaksanakan oleh Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al-Ittifaq yang juga menjadi mitra Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM.

Melalui program tersebut, koperasi yang tergabung telah berhasil mewujudkan panen raya melon inthanon dengan kualitas tinggi, serta mampu menjadi pemasok pasar ritel modern dengan harga tinggi.

Baca juga: Google Berikan Pinjaman ke UMKM Senilai 2 Juta Dollar AS

Presiden Direktur ALEC, Irvan Sadikin menjelaskan, program inkubasi dari ALEC terus diperkuat, dan akan menggandeng pondok pesantren lainnya, seiring dengan bergabungnya ALEC dalam Program Inkubator Wirausaha LPDB-KUMKM Tahun 2022.

"Perkuatan itu dilakukan dengan menggandeng mitra strategis seperti Progamma Uitzending Manajer (PUM) Netherlands Senior Experts dan Japan International Cooperation Agency (JICA), serta Bank Indoensia guna menghadirkan materi pelatihan maupun praktikum yang bermanfaat bagi kemandirian ekonomi pesantren," jelas dia dalam keterangan resmi, Rabu (25/5/2022).

Inkubasi yang dilakukan ALEC sepanjang 2022 berhasil menciptakan nilai ekonomi baru bagi pondok pesantren. Sehingga peran sentral pondok pesantren sebagai penggerak ekonomi umat makin dirasakan manfaatnya.

 

Saat ini ALEC tengah melakukan inkubasi budi daya buah melon kepada para tenant yang merupakan pondok pesantren dari anggota Himpunan Bisnis Pesantren (Hebitren) yakni Pondok Pesantren Assalafiyyah, Sleman, Darul Qur'an Wal Irsyad, Gunungkidul, Kyai Ageng Selo, Klaten, dan Darul Qur'an, Sragen.

Kopontren tersebut merupakan empat dari 25 pondok pesantren yang tergabung dalam Batch I program inkubasi ALEC tahun 2022 yang berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

Baca juga: Pemerintah Susun Database UMKM Terintegrasi dalam 2 Tahun ke Depan

Adapun, inkubasi yang ALEC lakukan terbagi dalam beberapa tahapan yakni pertama budi daya, kemudian pasca panen, selanjutnya penanganan pasca panen dan pemasaran baik secara teori maupun praktik di lapangan dengan model inkubasi close loop.

"Kunci pengembangan bisnis adalah sumber daya manusia yang unggul, dengan ini kami lakukan inkubasi dan permagangan selama 14 hari terkait budi daya yang baik dan benar," kata Irvan.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.