Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Jitu Atasi Krisis Dalam Bisnis

Kompas.com - 03/09/2022, 11:07 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalankan bisnis tentu akan membawa Anda pada banyak kondisi yang berbeda. Kondisi bisnis yang naik turun menjadi kondisi yang selalu membutuhkan perhatian besar dari Anda.

Tidak selalu berjalan dengan baik, kondisi bisnis bisa saja memburuk atau bahkan membawa Anda ke titik krisis. Sebagaimana kebanyakan tantangan lainnya di dalam bisnis, krisis seperti ini bisa saja tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Saat bisnis mengalami krisis, Anda mungkin saja langsung down dan mengalami kepanikan. Hal ini wajar, namun tidak perlu berlama-lama untuk terpuruk.

Ingat, Anda adalah pebisnis dan harus selalu siap untuk menghadapi berbagai kondisi di dalam bisnis yang Anda jalankan, termasuk krisis ini. Cobalah untuk kembali tenang dan fokus, agar Anda bisa mengupayakan langkah-langkah terbaik untuk mengatasi kondisi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa langkah jitu, yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi krisis di dalam bisnis, seperti dilansir Cermati.com:

1. Lakukan evaluasi

Sama dengan masalah lainnya yang Anda hadapi di dalam bisnis, krisis juga ada penyebabnya. Anda mungkin saja tidak menduga penyebab krisis ini sama sekali, atau bahkan mengabaikannya sebagai salah satu faktor yang pada awalnya tidak perlu dikhawatirkan.

Apapun itu, pastikan Anda tenang dan mulai melakukan evaluasi menyeluruh dalam sistem bisnis Anda.

Evaluasi akan membantu Anda menemukan sumber masalah atau faktor penyebab krisis dengan lebih cepat. Selain itu, evaluasi juga akan sangat membantu Anda lebih mudah dalam mengambil beberapa solusi penyelesaian.

Solusi-solusi inilah yang pada akhirnya bisa Anda pertimbangkan sebagai langkah pertama untuk mengatasi krisis di dalam bisnis yang Anda jalankan tersebut.

2. Perkuat SDM

SDM merupakan salah satu aset paling berharga yang Anda miliki di dalam bisnis. Pada dasarnya, perkembangan bisnis Anda tentu akan sangat tergantung pada SDM yang Anda miliki.

Bukan hanya ketika membangun bisnis saja, SDM ini juga bisa Anda andalkan untuk mendampingi Anda menghadapi krisis yang terjadi. Segera mulai diskusi internal di dalam bisnis Anda dan libatkan orang-orang handal yang selama ini berdedikasi di sana.

Anda harus membahas secara detail kondisi apa yang sedang dihadapi, sehingga masing-masing orang dapat memikirkan solusi untuk mengatasi kondisi tersebut. Pastikan SDM Anda tetap solid dan bisa memberikan kontribusi terbaik di masa-masa sulit seperti ini.

3. Ubah strategi bisnis

Saat bisnis mengalami krisis, maka strategi bisnis menjadi salah satu hal penting yang wajib Anda cermati. Anda tidak bisa berpatokan pada kesuksesan Anda selama menggunakan strategi tersebut, sebab pada kenyataannya saat ini bisnis Anda justru mengalami krisis.

Jangan sungkan untuk mengubah strategi bisnis, bahkan meski sebelumnya Anda sudah sukses bersamanya. Siapkan beberapa strategi cadangan dan terapkan salah satu strategi yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi terkini bisnis Anda.

Baca juga selengkapnya: Krisis Keuangan Saat Pandemi, Gak Tuh, Kan Sudah Pakai Cara Ini

4. Cari peluang baru

Jika selama ini Anda berpikir bahwa krisis tidak mungkin menyentuh bisnis Anda, maka segera ubah pemikiran tersebut. Di dalam bisnis apa pun bisa terjadi, termasuk krisis hingga kebangkrutan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com