Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Ingin Sukses? Coba 5 Strategi Pemasaran yang Efektif Ini

Kompas.com - 05/09/2022, 13:14 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini menjadi salah satu tulang punggung pertumbuhan ekonomi. Jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun, termasuk di masa pandemi.

Jenis dan pelaku UMKM pun terus bertambah, membuat persaingan pun ikut meningkat dalam penerapannya. Pelaku UMKM dituntut untuk lebih inovatif, kreatif, dan muncul dengan ide-ide produk atau jasa yang baru.

Hal ini tentu bukan sesuatu yang mudah. Akan ada pelaku bisnis yang bergerak di bidang atau jenis produk yang sama.

Baca juga: 8 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membuka Usaha

Pada kondisi tersebut, strategi pemasaran berperan penting untuk mempertahankan usaha yang dilakukan. Sebuah usaha akan sulit berkembang jika pemilik tidak mengetahui teknik pemasaran yang kreatif dan efektif.

Dilansir dari sejumlah referensi, terdapat lima strategi pemasaran efektif yang dapat diterapkan pelaku UMKM:

1. Menciptakan Produk yang Berbeda dari Lainnya

Produk yang unik, baru, dan punya kelebihan di antara produk sejenis lainnya. Persaingan pasti ada di luar sana dan jika produk atau jasa usaha Anda tidak memiliki ciri khas dan kelebihan, akan sulit untuk bisa bersaing.

Buatlah usaha Anda untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Selain dari kebaruan produk, kualitas dan pemenuhan kebutuhan konsumen pun menjadi hal yang penting. 

2. Bangun Jaringan

Istilah kekiniannya adalah networker.  Ini adalah istilah yang merujuk pada seseorang dengan jaringan yang sangat luas dan memiliki sifat optimis dalam menjalankan usahanya.

Mempunyai jaringan atau koneksi yang luas akan membantu pemasaran produk Anda berjalan lebih efektif dan menjangkau banyak kalangan.

3. Menentukan Segmen dan Target 

Menentukan segmenting, target, dan positioning sangat menentukan bisnis yang Anda jalankan.

Saat Anda melakukan pemasaran, penentuan segmentasi pasar (segmenting) sangat diperlukan, yaitu dengan menempatkan konsumen dalam sub-kelompok di pasar produk.

Selanjutnya, Anda harus menentukan target pasar. Anda harus mengevaluasi berbagai segmen yang sudah ditentukan untuk memutuskan siapa yang menjadi target pasar usaha Anda.

Baca juga: Ingin Pelanggan Loyal? Optimalikan Penggunaan CRM

Terakhir, Anda perlu menentukan posisi produk sebagai kombinasi kegiatan pemasaran yang dilakukan manajemen usaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan target pasar.

4. Memanfaatkan E-commerce

Memanfaatkan E-commerce dalam berbisnis akan memperbesar peluang untuk menjangkau pasar lebih luas, bahkan secara global. Tentu ini akan meningkatkan potensi untuk menjangkau konsumen atau target pasar yang lebih luas.

5. Menetapkan Strategi Pemasaran yang Konsisten

Konsistensi jadi aspek penting dalam strategi pemasaran. Hal ini penting karena kepercayaan konsumen akan terbangun jika Anda konsisten di bidang usaha yang digeluti.

Lakukan strategi pemasaran dengan efektif agar usaha Anda dapat berkembang dan sukses meraih target pasar yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com