Pelaku UMKM di Jember Manfaatkan Edamame untuk Bahan Baku Produk

Kompas.com - 18/11/2022, 17:34 WIB

JEMBER, KOMPAS.com - Kedelai edamame belakangan mulai naik daun seiring dengan membesarnya permintaan pasar. Di Indonesia, kedelai jenis ini mulai banyak dikonsumsi oleh konsumen yang memiliki awareness terhadap kesehatan.

Namun demikian, kedelai edamame tak hanya sebatas dikonsumsi oleh kalangan yang sangat mengedepankan kesehatan. Sejumlah pelaku UMKM di Kabupaten Jember pun mulai memanfaatkan kedelai jenis ini sebagai bahan baku produksi.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Nuryanik (36). Pelaku UMKM yang juga pemilik brand Kampung Edamame ini memanfaatkan kedelai tersebut sebagai bahan baku produksi.

Baca juga: Tips Sukses Rintis Usaha Minuman Teh

Kampung Edamame ini berada di Desa Curah Kates, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Saat ini, kami telah memproduksi edamame crispy, pia edamame, rempeyek edamame. Produk-produk tersebut kami buat dengan memanfaatkan edamame sisa produksi dari PT Gading Mas Indonesia Teguh," ujarnya, Jumat (18/11/2022).

Nuryanik menjelaskan, dengan menggunakan edamame, produk-produk yang dibuatnya memiliki rasa yang lebih enak ketimbang menggunakan kedelai biasa.

Hal ini pula yang membedakan produk-produk dari Kampung Edamame dengan produk lain yang ada di pasaran, sehingga banyak konsumen yang kemudian memilih untuk membeli produk buatan Nuryanik.

Untuk mendukung pemasaran, Kampung Edamame telah menggunakan berbagai saluran distribusi, baik yang offline atau melalui toko oleh-oleh maupun secara online.

"Produk kami telah dibeli oleh konsumen di berbagai daerah. Kami juga memasok toko oleh-oleh di Jember," ungkapnya.

Kampung Edamame sendiri merupakan bagian dari program Responsibility Development dari PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT) yang merupakan anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.