Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkop UKM Umumkan Pemenang Kompetisi PLUT 2022

Kompas.com - 13/12/2022, 10:20 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengumumkan pemenang Kompetisi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM 2022 dengan kategori PLUT Terhebat dan Konsultan Pendamping Terinovatif, yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (12/12/2022).

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan bahwa para finalis telah berhasil mengimplementasikan konsep New PLUT yang telah dicanangkan sejak Januari 2022.

"Saya menangkap inisiatif yang cukup baik dan semangat untuk berubah. Ini menurut saya penting," kata Teten Masduki.

Baca juga: Bantu UMKM Sasar Pasar Global, BI Kaltim Fasilitasi Go Digital

Teten memberikan apresiasi kepada para peserta yang dinilai turut mendorong UMKM dapat naik kelas dan berkontribusi menciptakan wirausaha yang produktif melalui PLUT.

Ia juga mendorong agar pelaku UMKM untuk membiasakan diri menggunakan ekosistem digital, meningkatkan produk berbasis kreatifitas, dan inovasi teknologi.

"Sekarang pendekatan kita adalah memperbaiki ekosistem bisnis bagi UMKM supaya mereka punya kesempatan dari skala usaha semakin naik," ujar Teten Masduki.

Adapun sebanyak enam Finalis PLUT Terhebat antara lain PLUT KUMKM Provinsi Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kabupaten Subang, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Sukoharjo.

Sedangkan kategori Pemenang PLUT Terhebat diraih oleh Juara 1 dari Sulawesi Selatan, Juara 2 dari Sumatera Barat, dan Juara 3 dari Kabupaten Subang.

Selain itu, terdapat enam Finalis Konsultan Pendamping Terinovatif antara lain PLUT KUMKM Kota Batu Alan Wahyu, Kabupaten Jember Bhakti Dharmawan, Kabupaten Cianjur Bobby, Provinsi DIY Fitria Agustin, Kabupaten Jembrana Luh Putu Diah Puspayanthi, Kota Batam Marlina Ramli.

Baca juga: 7 Langkah Awal Bisnis di Kantin Sekolah, Janjikan Potensi Cuan yang Melimpah

Untuk Pemenang Konsultan Pendamping Terinovatif yakni, Juara 1 adalah Bhakti Dharmawan dari Kabupaten Jember, Juara 2 Bobby dari Kabupaten Cianjur, dan Juara 3 Fitria Agustin dari Yogyakarta.

PLUT adalah unit teknis yang memberikan layanan pendampingan usaha yang inklusif dan pemberdayaan lainnya kepada koperasi, UMK, dan wirausaha secara komprehensif dan terpadu melalui sejumlah fungsi layanan utama.

Layanan tersebut antara lain berupa layanan pendaftaran dan perizinan usaha, konsultansi dan pendampingan bisnis, promosi dan pemasaran produk, pelatihan teknis dan manajerial, inkubasi bisnis, co-working space, seleksi dan kurasi, penguatan sinergi dan fasilitasi pendukung wirausaha lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com