Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ide Bisnis Fashion dengan Modal Terbatas

Kompas.com - 24/02/2023, 12:58 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat ini, punya modal terbatas tetap bisa melakukan bisnis. Salah satu bisnis yang bisa dijalankan dengan modal terbatas yakni bisnis fashion.

Bisnis fashion yang bergerak di bidang busana selalu memberikan keuntungan. Peminat terhadap produknya cenderung meningkat dan ada sampai kapan pun.

Ide bisnis ini cocok untuk pebisnis pemula karena relatif tak membutuhkan modal banyak, waktu yang fleksibel, dan mudah dilakukan.

Pemasarannya pun bisa dibantu dengan platform media sosial. Pembuatan konten produk fashionnya pun relatif murah misalnya dengan handphone.

Berikut tiga ide bisnis fashion yang bisa Kamu pilih untuk menghasilkan keuntungan seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bisnis Scraf

Koleksi scarf Dubai Series dari Buttonscarves, produk spesial ulang tahun keenam Buttonscarves. Koleksi scarf Dubai Series dari Buttonscarves, produk spesial ulang tahun keenam Buttonscarves.

Bisnis pertama yang bisa Kamu lakukan yaitu bisnis scarf. Scarf sendiri adalah produk fashion yang bisa digunakan kaum laki-laki dan perempuan.

Scarf tak hanya digunakan untuk bagian leher, melainkan juga bagian tubuh lainnya ataupun untuk memperindah barang yang kita miliki supaya terlihat modis.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Pengusaha Fashion Lokal

Apabila melakukan bisnis ini, Kamu cukup membeli kain, mengguntingnya sesuai ukuran, dan jahit di bagian tepi kain.

2. Bisnis Thrifting

Creathrift Youth Bazar yang digelar oleh Paguyuban Purworejo Thrift Market Purworejo di Gedung Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKP-RI) Creathrift Youth Bazar yang digelar oleh Paguyuban Purworejo Thrift Market Purworejo di Gedung Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKP-RI)

Saat ini thrifting banyak diminati kalangan muda-mudi. Alasannya harga lebih terjangkau dan kualitas produk masih cukup bagus. Kamu bisa mengambil peluang ini untuk memulai bisnis sendiri.

Bisnis ini tidak memerlukan modal besar karena bisa menjadi seorang dropshipper maupun reseller. Selain itu, thrifting bisa menjadi solusi menumpuknya limbah industri fashion.

Baca juga: Bisnis Pakaian Thrifting? Ini Tipsnya agar Dapat Produk Berkualitas

Apabila melakukan bisnis ini pilihlah supplier tepercaya dan sebelum menjualnya lakukan pencucian terlebih dahulu sampai bersih dan wangi.

3. Bisnis Reseller

Ilustrasi resellerPIXABAY/ MOHAMED_HASSAN Ilustrasi reseller

Bisnis reseller produk fashion ini cocok untuk Kamu. Kamu cukup menjual kembali produk fashion yang sudah diproduksi dari supplier yang berasal dari perusahaan konveksi maupun merek fashion.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Reseller dan Cara Kerjanya

Kamu hanya membeli produk jadi dari supplier, melakukan promosi dan menjualnya kembali ke konsumen. Keuntungan yang diperoleh dari persentase penjualan tetapi, pilihlah supplier yang telah memiliki reputasi baik dan tepercaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com