Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Cari Pemasok? Lakukan Tips Berikut Ini

Kompas.com - 08/05/2023, 15:14 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjalankan bisnis online tidak mesti mempunyai produk sendiri. Kamu bisa menjual kembali produk dari bisnis orang lain dan tetap memperoleh keuntungan.

Untuk melakukan hal tersebut, tentu harus mempunyai supplier. Namun, tak jarang pemula merasa bingung untuk menemukan supplier.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips untuk menemukan supplier yang bisa dilakukan oleh pemula.

1. Mendatangi langsung ke pabrik

Tips pertama dengan mendatangi pabriknya untuk menemui supplier secara langsung, setelah mencari tahu pabrik mana saja yang membuat produk-produk jualanmu.

Baca juga: Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Supplier, Pelaku UMKM Wajib Tahu!

Umumnya, supplier mau bekerja sama dengan reseller dalam jumlah pemesanan tertentu. Apabila belum bisa menyanggupi syarat yang diminta, mintalah kontak perwakilan distributor terdekat.

Selain membantu menemukan distributor yang sesuai, mendatangi langsung ke pabriknya juga bisa membantu memeriksa kualitas produk.

2. Mendatangi perwakilan produsen terdekat

Selanjutnya bisa mendatangi perwakilan produsen terdekat di wilayah yang Kamu tempati. Biasanya, produsen memiliki perwakilan supplier di masing-masing kota.

Kamu bisa mendatanginya dia meminta informasi mengenai supplier untuk membantumu memperoleh produk yang bisa dijual kembali. Rata-rata, perwakilan produsen senang didatangi reseller karena merasa lebih mudah mendistribusikan produknya.

Baca juga: Ingin Dapat Harga Terbaik dari Supplier? Begini Cara Bernegosiasinya

3. Mengontak produsen di label produk

Kamu bisa mengontak setiap produsen yang ada di label sebuah produk untuk menemukan supplier yang sesuai. Biasanya produk yang dipasarkan terdapat informasi seperti nama, alamat dan kontak produsen.

Kemungkinan mereka mengarahkanmu ke supplier resmi atau daftar supplier yang berbisnis dengan mereka. Setelahnya, Kamu bisa mengontak supplier dan sampaikan tujuanmu.

4. Menghadiri pameran dagang

Selanjutnya untuk menemukan supplier bisa dengan menghadiri pameran dagang. Biasanya di pameran dagang ada banyak para supplier dan sebagainya.

Cobalah untuk berkeliling dalam pameran dan kumpulkan kartu nama sebanyak mungkin untuk menemukan supplier mana yang sesuai dengan bidangmu.

Baca juga: 7 Tips Sukses Membangun Bisnis Online untuk Pemula

Sebaiknya membuat daftar pilihan supplier dengan membuat daftar kelebihan dan kekurangannya agar memudahkan saat memilih.

5. Menemui komunitas bisnis

Cara terakhir menemukan supplier bisa dengan melalui komunitas bisnis yang rata-rata banyak pilihan komunitas bisnis yang spesifik di bidang tertentu.

Kamu bisa mencoba bergabung dengan komunitas itu dan mendapatkan relasi di bidang bisnis yang dijalankan. Kamu bisa saja menemukan supplier produk yang sesuai. Tak hanya itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan mereka untuk melakukan bisnis.

Demikian beberapa tips mencari supplier yang bisa dilakukan, semoga terbantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com