Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Membangun Branding di Media Sosial

Kompas.com - 18/08/2023, 17:25 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai bisnis yang seringkali memperkenalkan produknya melalui media sosial, para pelaku usaha umumnya telah memikirkan konsep yang berhubungan dengan konten produknya.

Instagram, sebagai salah satu media sosial terpopuler saat ini juga telah memperbarui tampilannya. Baik dari segi layout, warna, hingga typeface.

Berdasarkan informasi yang digali melalui situs resmi Instagram, beberapa elemen yang mengalami perubahan tersebut menjadi citra baru bagi sebuah bisnis dan juga sebagai bentuk promosi.

Baca juga: 8 Cara Membuat Rencana Pemasaran di Media Sosial Lebih Efektif

Hal seperti ini dapat juga diimplementasikan oleh para pemilik usaha, termasuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Bagi anda pelaku usaha yang menjadikan media sosial sebagai tempat untuk branding, simaklah beberapa hal penting berikut yang akan membantu mendorong kesuksesan.

1. Penggunaan warna

Seperti halnya kita memilih warna ponsel yang sesuai dengan kepribadian, pemilihan warna yang sesuai dengan merek dagang Anda juga berperan penting.

Warna yang digunakan pada produk maupun dalam desain Anda harus memiliki kesan yang menarik dan mudah diingat, sebab dengan warna akan memberi pesan psikologis yang secara tidak langsung menjadi salah satu alasan calon pembeli untuk membeli produk ataupun melihat konten anda.

Faktanya, berdasarkan informasi dari website colorpsychology.org, warna, bentuk, tampilan dan rasa dari sebuah produk memengaruhi 93 persen keputusan pembelian suatu produk.

2. Desain

Agar dapat bersaing dengan merek dagang UMKM lainnya, pastikan bahwa Anda juga sudah mempersiapkan desain yang menarik dan berbeda.

Tidak harus menggunakan jasa desainer profesional untuk membuat desain yang apik, Anda dapat memanfaatkan beberapa platform yang menyediakan template desain yang simpel dan menarik seperti Canva.

Apakah masih anda masih mengalami kendala dalam membuat desain?

Tenang saja, saat ini pun teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) bisa jadi jalan pintas yang paling mudah dan cepat untuk membuat desain yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Keunikan dari sebuah merek dagang UMKM juga tidak jarang berasal dari penggunaan typeface atau jenis huruf yang digunakan.

Dengan menggunakan jenis huruf tertentu, bisa menjadi nilai tambah yang membedakan merek Anda dengan kompetitor.

Baca juga: 3 Tips Meningkatkan Engagement Media Sosial untuk Bisnis

3. Konten

Konten menjadi kunci utama dalam strategi pemasaran di media sosial. Pasalnya, UMKM yang memperkenalkan diri melalui media sosial pasti akan mengunggah konten sebagai bentuk pengenalan produk, iklan ataupun promosi, penjualan, dan sarana untuk bisa terhubung dengan pelanggan.

Dalam pembuatan konten, umumnya para pelaku usaha akan membuat daftar ide atau konsep konten yang akan dibuat.

Bila Anda tidak terlalu mahir dalam membuat konten, Anda bisa menggunakan template yang disediakan dari beberapa platform pembuat konten gambar maupun video.

Dalam konten, pastikan Anda menyebutkan dengan jelas manfaat dan kelebihan produk yang Anda promosikan.

Selain itu, Anda bisa juga mengaitkannya dengan isu yang sedang trending, untuk memperbesar kemungkinan konten Anda dilihat oleh ribuan bahkan jutaan pengguna media sosial, yang mana selanjutnya akan turut menaikkan tingkat ketertarikan untuk membeli produk Anda.

Baca juga: 5 Manfaat Pemasaran di Media Sosial, Salah Satunya Publikasi Gratis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com