Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Usaha di Pengunungan Yang Bikin Cuan

Kompas.com - 26/02/2024, 10:17 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber cashlez

KOMPAS.com – Meskipun di gunung, bukan berarti kamu tidak bisa membuka usaha yang laris. Daerah pegunungan mempunyai kategori usaha yang berbeda dengan usaha di perkotaan.

Saat kamu ingin memulai bisnis, kamu bisa amati terlebih dahulu bisnis apa yang cocok di lokasi tersebut. Menyesuaikan dengan lingkungan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis kamu.

Tidak perlu minder dan merasa tertinggal karena berbisnis di pegunungan. Nyatanya kamu punya privilege tersendiri karena banyak kondisi alam di gunung yang mendukung usaha kamu.

Gunung mempunyai potensi alam yang tidak dimiliki daerah perkotaan. Fakta tersebut dapat kamu jadikan ide usaha di daerah pegunungan, seperti yang dilansir dari cashlez.com

1. Perkebunan

Kelebihan yang sangat mencolok dari daerah pegunungan adalah kesuburan tanahnya.
Sulit mendapatkan lahan dengan kondisi tanah yang bagus di perkotaan. Sayang sekali kalau kamu tinggal di pegunungan dan tidak memanfaatkan sumber daya alam ini dengan baik.

Selain tanah yang subur, gunung juga memiliki suhu udara yang sejuk. Hal ini sangat menguntungkan untuk usaha perkebunan.

 Beberapa tanaman yang dapat kamu kembangkan di gunung adalah teh, kopi, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Kamu bisa mendapatkan hasil yang berkualitas karena lingkungan yang memang sudah mendukung.

Baca juga: 4 Langkah Memulai Usaha Bibit Tanaman Buah, Cocok Untuk Pemula

2. Warung Kopi

Banyak wisatawan yang datang ke gunung untuk mencari udara segar. Suhu di dataran tinggi tentu saja jauh lebih dingin dibandingkan dengan dataran rendah. Maka dari itu udara di sana lebih terasa sejuk.

Salah satu usaha yang laris di daerah pegunungan adalah membuka warung kopi. Wisatawan akan mencari konsumsi hangat saat berada di gunung.

Selain kopi, kamu dapat menjual makanan seperti mie instan dan jagung atau kacang rebus. Dijamin warung kamu akan dicari oleh para wisatawan untuk menghangatkan tubuh.

3. Penginapan

Perjalanan jauh untuk sampai ke gunung memakan waktu lama dan melelahkan. Biasanya wisatawan memilih untuk tinggal lebih lama di daerah pegunungan sebelum kembali ke kota.

Terlebih lagi ada banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi, tidak cukup untuk menghabiskannya dalam sehari. Oleh karena itu wisatawan akan mencari tempat penginapan di daerah pegunungan.

Kamu bisa membuka jasa penginapan di sana. Meskipun perlu modal yang lumayan besar, namun usaha penginapan di gunung dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Baca juga: Kisah Warga Desa Gunung Wangi, Olah Umbi Surinama yang Hampir Punah jadi Bernilai Ekonomi

4. Jasa fotografi

Daerah pegunungan penuh dengan keindahan alam. Kalau kamu mempunyai skill fotografi, kamu dapat membuka jasa potret untuk para wisatawan.

Meskipun pada zaman sekarang semua orang mempunya handphone dan kamera sendiri, wisatawan tetap membutuhkan jasa fotografi yang bagus untuk mengabadikan momentum berkunjung ke gunung.

Kamu dapat membuka usaha ini di destinasi wisata ataupun di lokasi sekitar gunung yang indah dan banyak didatangi oleh wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com