Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Keuntungan Punya Usaha di Halte dan Stasiun

Kompas.com - 26/02/2024, 14:41 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memilih lokasi yang strategis merupakan hal penting dalam membangun dan menjalankan suatu usaha atau bisnis. Menjelajahi lokasi strategis untuk usaha adalah langkah penting yang menentukan bisnismu ke depan.

Memiliki lokasi strategis akan memberi pelaku usaha banyak sekali keuntungan. Lalu, di mana lokasi yang dianggap strategis itu?

Baca juga: Bukan Hanya Ramai, Ini 5 Tips Memilih Lokasi Usaha Strategis

Salah satu tempat strategis yang mungkin belum banyak dieksplorasi adalah lokasi di halte atau stasiun transportasi umum. Jika mengunjungi halte atau stasiun, pasti kamu akan menemukan toko-toko yang menjual beragam produk atau layanan.

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh dengan memiliki usaha yang berlokasi usaha di halte atau stasiun seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Permintaan Pasar yang Beragam

Pusat transportasi umum seperti halte atau stasiun merupakan tempat pertemuan bagi individu dari berbagai latar belakang dan bidang pekerjaan. Ini dapat menciptakan lingkungan bisnis yang beragam dan menarik.

Baca juga: 7 Tips Memilih Lokasi Jualan untuk UMKM

Dengan memanfaatkan peluang lokasi usaha di stasiun dan halte, kamu dapat menyediakan penawaran produk dan jasa yang beragam. Langkah awal yang baik adalah mengidentifikasi kebutuhan dari para penumpang.

2. Ramai Setiap Hari

Lokasi di halte atau stasiun memberikan peluang besar untuk menjangkau beragam calon pelanggan, termasuk wisatawan, orang yang datang setiap hari, dan individu yang menggunakan transportasi umum secara rutin. Tokomu akan selalu ramai karena banyaknya orang yang melakukan mobilisasi tersebut.

Baca juga: Segera Daftar, PT MRT Buka Seleksi bagi UMKM yang Ingin Jualan di Stasiun

Mempunyai usaha di halte atau stasiun tidak mengenal hari kerja ataupun hari libur, karena setiap hari stasiun atau halte pasti akan ramai. Dengan fakta tersebut menciptakan potensi pasar yang besar untuk bisnismu dapat menjangkau target pasar yang luas dan beragam.

3. Visibilitas yang Tinggi

Berada di halte atau stasiun transportasi umum memberikan eksposur yang besar untuk bisnis. Pengguna transportasi umum sering memiliki waktu luang sebelum atau sesudah perjalanan mereka, sehingga mereka cenderung memperhatikan bisnis di sekitar tempat tersebut.

Baca juga: Teten Masduki: Stasiun Kereta Api Harus Siapkan Ruang Usaha untuk UMKM

Kamu tidak perlu melakukan promosi secara besar-besaran lagi dan mengeluarkan biaya untuk bisnis. Setiap hari calon konsumen akan melewati tempat usahamu.

Dengan desain yang menarik dan strategi yang efektif, Anda dapat menarik perhatian mereka dan mengubah mereka menjadi pelanggan potensial.

4. Profit Tinggi

Dengan ketiga keuntungan di atas, kamu berpeluang mendapatkan profit yang tinggi. Usaha yang berada di halte atau stasiun juga dapat mengambil manfaat dari pelanggan yang secara rutin kembali, sehingga akan menjadi pelanggan setia.

Profit yang kamu hasilkan akan membuka peluang untuk pendapatan yang stabil dan berkelanjutan bagi bisnis.

Baca juga: 6 Keuntungan Berjualan di Area Sekolah

Setelah membaca keuntungan-keuntungan yang ada di atas, tertarik untuk membuka usaha di halte atau stasiun transportasi umum?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com