7 Tips Memilih Lokasi Jualan untuk UMKM

Kompas.com - 08/07/2022, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Apa saja yang perlu diperhatikan saat milih tempat usaha? Ya, pertanyaan tersebut lazim muncul saat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ingin memulai usaha. 

Tentu, usaha yang sukses dan laris manis adalah impian setiap pelaku UMKM. Salah satu faktor penentu suksesnya usaha adalah memilih lokasi dengan tepat.

Dengan lokasi yang strategis, peluang konsumen untuk datang ke tempat usaha jadi lebih besar. 

Berikut tips-tips yang bisa diperhatikan saat memilih lokasi usaha seperti dirangkum dari ukmindonesia.id. 

1. Pilih tempat yang mudah terlihat

Faktor pertama yang perlu diperhatikan saat memilih tempat usaha adalah visibilitas. Dagangan yang mudah terlihat nantinya akan membuat usaha jadi eksis di mata pelanggan.

Pilihlah tempat yang bisa mudah terlihat agar masyarakat bisa tahu. Hindari memilih lokasi-lokasi terpencil, seperti di dalam gang atau di balik gedung tinggi.

Baca juga: Pelaku UMKM Wajib Tahu! Ini 3 Manfaat Ulasan dan Rating Positif untuk Bisnis

Jika memilih usaha seperti jajanan pasar, ada baiknya pilihlah tempat di pinggir jalan, di depan gedung perkantoran, maupun sekolah-sekolah. Tempat usaha seperti jajanan pasar lebih cocok di area luar ruangan agar pembeli bisa melihat produk makanan yang dijual.

2. Pilih tempat yang mudah dijangkau

Selain mudah terlihat, tempat usaha yang dipilih juga harus mudah dijangkau. Saat ini masyarakat sudah terbiasa membeli produk dengan metode pesan-antar dan online delivery.

Umumnya, usaha seperti kuliner sudah banyak bergabung dengan aplikasi online seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dan lainnya. Bayangkan jika ada pelanggan yang memesan makanan lewat aplikasi online, tetapi tempat usaha ada di gang sempit.

Baca juga: 7 Tips agar Produk UMKM Bisa Dijual Supermarket maupun Minimarket

 

Konsumen biasanya akan kesal jika pesanan makanan lama tiba. Padahal di sisi lain, supir ojek online sedang berusaha menemukan lokasi tempat usaha dan bahkan beresiko tersasar lantaran akses yang sulit.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.