Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Promosi Menggunakan Free Tester Produk

Kompas.com - 27/02/2024, 10:55 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Banyak media promosi yang bisa kamu coba untuk menarik minat pembeli, salah satunya melalui free tester.

Free tester adalah memberikan sampel gratis produk untuk dicoba oleh konsumen. Teknik marketing ini paling ampuh untuk jenis usaha makanan dan minuman.

Konsumen yang mencicipi produk kamu bisa memberikan feedback dan masukan tentang apa yang bisa ditingkatkan dari produk kamu. Bahkan kalau konsumen terkesan dengan produk tersebut, besar kemungkinan mereka akan langsung membelinya.

Saat membagikan tester, kamu bisa menyiapkan dalam porsi kecil untuk sekali atau beberapa suapan saja. Tidak perlu terlalu besar agar jumlah yang dapat dibagikan bisa lebih banyak.

Meskipun membagikan produk secara gratis, namun kamu tidak akan merugi. Karena berikut ini adalah keuntungan yang kamu dapatkan dengan membagikan free tester seperti yang dilansir dari linkumkm.id

1. Membangun brand awareness

Baca juga: Cara Tingkatkan Brand Awareness Bisnis Kuliner, Sudah Tahu?

Tidak dapat dipungkiri bahwa produk gratis selalu menarik minat masyarakat. Dengan kamu membagikan tester maka semakin banyak orang yang mengenal produk kamu.

Konsumen umumnya membeli produk apa yang sudah pernah mereka coba. Sehingga teknik promosi menggunakan free tester ini cocok dilakukan untuk jenis usaha makanan atau minuman.

Selain itu, konsumen yang mencicipi makanan atau minuman tester juga bisa mengetahui kualitas dan keunggulan dari produk kamu. Hal ini bisa meyakinkan mereka untuk membeli produk tersebut. 

2. Memperoleh feedback

Free tester bisa menjadi media evaluasi untuk produk kamu. Saat konsumen selesai mencicipi produk, kamu boleh meminta review dari mereka. Kamu akan diberi masukan tentang apa saja yang kurang dari produk kamu.

Dengan melihat reaksi dari konsumen, kamu menjadi tahu produk seperti apa yang disukai oleh pembeli. Hal Ini bermanfaat untuk mengembangkan produk yang kamu jual agar sesuai dengan permintaan pasar.

3. Meningkatkan penjualan

Konsumen yang menyukai tester produk kamu sangat mungkin untuk membelinya. Bahkan tidak jarang untuk membeli dalam jumlah besar karena sudah mengetahui kelebihan cita rasa produkmu.

Tidak jarang pula konsumen tergerak untuk membeli produk sebagai bentuk menghargai niat baik kamu yang telah memberinya free tester. Dengan begitu penjualan akan meningkat dan membuat kamu balik modal.

4. Media promosi gratis

Baca juga: 6 Manfaat Media Sosial bagi UMKM Anda

Saat membagikan free tester, biasanya konsumen akan memberi tahu tentang produk kamu ke orang terdekatnya. Mungkin saja mereka akan memposting review baik dalam bentuk foto, video maupun tulisan.

Khususnya di zaman sekarang dimana semua orang suka membagikan moment di akun media sosialnya. Mereka bisa merekomendasikan produk kamu, dengan kata lain hal ini merupakan promosi gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com